Belasan Desa Kabupaten Penajam Gelar Pilkades Serentak Desember 2021

Bagus Purwa

Foto Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Penajam Paser Utara, Nurbayah.

Penajam, helloborneo.com – Sebanyak 14 desa di Kabupetan Penajam Paser Utara, dijadwalkan menggelar Pilkades (pemelihan kepala desa) secara serentak pada 15 Desember 2021.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Penajam Paser Utara, Nurbayah saat dihubungi helloborneo.com di Penajam, Kamis mengatakan, pemerintahan desa yang akan melaksanakan Pilkades segera membentuk panita pemilihan.

Panitia yang dibentuk oleh BPD (badan permusyawaratan desa) lanjut ia, merupakan bagian dari tahapan pelaksanaan Pilkades.

“Anggota panitia paling banyak tujuh orang terdiri dari unsur perangkat desa, tokoh masyarakat dan lembaga kemasyarakatan,” ujar Nurbayah.

“Penyerahan nama-nama panitia kepada DPMD ditargetkan selesai bulan ini (Agustus 2021) kemudian disakan melalui SK (surat keputusan) kepala daerah,” tambahnya.

Tugas panitia Pilkades yakni melakukan sosialisasi dan pendataan warga hingga tingkat RT (rukun tetangga) sebagai DPT (daftar pemilih tetap) sebelum disahkan.

Masa jabatan 14 kepala desa di Kabupaten Penajam Paser Utara berakhir pada 27 Januari 2022, sehingga tahapan Pilkades harus segera dimatangkan.

Kepala desa yang berakhir masa jabatannya tersebut yakni Kepala Desa Tengin Baru, Bukit Raya, Wonosari, Sumber Sari, Sri Raharja dan Kepala Desa Rawa Mulia.

Masa Jabatan Kepala Desa Sebakung Jaya, Gunung Makmur, Babulu Darat, Babulu Laut, serta Kepala Desa Sesulu juga berakhir pada 27 Januari 2022.

DPMD Kabupaten Penajam Paser Utara bersama dengan pemerintahan desa juga terus berkoordinasi dengan KPU (komisi pemilihan umum).

Pada pelaksanaan Pilkades jelas Nurbayah, satu TPS (tempat pemungutan suara) tidak boleh lebih dari 500 DPT, jika lebih akan dibagi menjadi dua TPS. (bp/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.