Tenaga Kesehatan Berau Dapat Suntikan Vaksin Moderna Secara Bertahap

Nita Rahayu

Foto Istimewa.

Berau, helloborneo.com – Tenaga Kesehatan di Kabupaten Berau mulai mendapatkan suntikan vaksin Moderna yang sifatnya sebagai penguat kekebalan tubuh (booster) dari Coronavirus Disease atau COVID-19 secara bertahap.

“Vaksin Moderna mulai diberikan kepada tenaga medis yang bertugas di puskesmas, rumah sakit, dan Dinas Kesehatan,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Berau, Iswahyudi ketika dihubugi helloborneo.com di Berau, Jumat.

“Hari ini (Jumat 20/8) mulai penyuntikan vaksin Moderna bagi tenaga kesehatan yang dilakukan secara bertahap, ” tambahnya.

Penyuntikan vaksin Moderna pada tahap pertama dilakukan terhadap 34 tenaga medis menurut Iswahyudi, kerena dikhawatirkan jika dilaksanakan serentak dapat mengganggu tugas tenaga kesehatan dalam melayani masyarakat.

Efek yang mungkin ditimbulkan setelah disuntik vaksin Moderna, yakni seperti demam dan sakit kepala.

“Kami laksanakan bertahap karena khawatir kalau serentak, akibat efek yang ditimbulkan vaksin pada umumnya dapat menganggu pelayanan kepada masyarakat,” ucap Iswayuhdi.

Untuk selanjutnya diperkirakan vaksin jenis Moderna juga akan diberikan kepada masyarakat umum, yang belum mendapatkan vaksin jenis Sinovac, namun sifat vaksinnya biasa bukan booster.

“Nanti juga akan diberikan ke masyarakat umum, tapi sifatnya itu bukan penambah kekebalan, tapi sama seperti vaksin COVID-19 pada umumnya,” jelas Iswahyudi.  

Kabupaten Berau mendapatkan vaksin Moderna yang sifatnya sebagai penguat kekebalan tubuh dari virus corona untuk tenaga medis tersebut sebanyak 4.000 dosis. (bp/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.