BPS Persiapkan Kabupaten Calon Ibu Kota Negara Sebagai Daerah Inflasi

Bagus Purwa

Foto Kepala BPS Kabupaten Penajam Paser Utara, Achmad Yasid Wijaya.

Penajam, helloborneo.com – Badan Pusat Statistik atau BPS Kabupaten Penajam Paser Utara bakal mempersiapkan kabupaten setempat yang telah ditetapkan sebagai calon ibu kota negara di Provinsi Kalimantan Timur, menjadi daerah pencatat inflasi.

“Kabupaten Penajam Paser Utara akan disiapkan sebagai daerah inflasi baru di Kalimantan Timur,” ujar Kepala BPS Kabupaten Penajam Paser Utara, Achmad Yasid Wijaya ketika dihubungi helloborneo.com di Penajam, Rabu.

“Beberapa persiapan akan dilakukan dalam menetapkan Kabupaten Penajam Paser Utara sebagai daerah pencatat inflasi,” tambahnya.

Persiapan penetapan daerah inflasi tersebut diawali dengan memberikan pelatihan kepada petugas pada tahun ini (2021).

Kemudian setelah para petugas dibekali pelatihan menurut Achmad Yasid Wijaya, persiapan lanjutan akan dilakukan pada 2022.

Proses penetapan daerah inflasi selanjutnya, yakni setiap bulan petugas memberikan form kepada rumah tangga yang terpilih.

“Rumah tangga terpilih diminta untuk mengisi form yang diberikan petugas, kegiatan pengisian form dilakukan selama satu tahun,” jelas Achmad Yasid Wijaya.

“Data yang dikumpulkan itu sebagai angka penimbang, selanjutnya survei inflasi baru bisa dilakukan pada 2023,” ucapnya.

Nantinya data inflasi Kabupaten Penajam Paser Utara lanjut ia, tidak bergantung dengan Kota Balikpapan dan upaya penanganan inflasi maupun deflasi bisa dilakukan lebih komprehensif.

Kabupaten Penajam Paser Utara dipersiapkan untuk ditetapkan sebagai daerah pencatat inflasi di Kalimantan Timur tersebut merupakan keputusan pemerintah pusat.

“Kemungkinan seiring rencana pemindahan ibu kota negara, masa inflasi Kabupaten Penajam Paser Utara sebagai ibu kota negara tidak tercatat,” kata Achmad Yasid Wijaya.(bp/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.