Pelajar SMP di Penajam Paser Utara Dilarang Bawa Motor ke Sekolah

Ari B

Foto Kepala Disdikpora PPU, Alimuddin.

Penajam, helloborneo.com – Pelajar Sekolah Menengah Pertama atau SMP di Kabupaten Penajam Paser Utara, dilarang membawa sepeda motor ke sekolah saat pembelajaran secara langsung atau tatap muka terbatas.

“Kami larang pelajar SMP untuk membawa sepeda motor ke sekolah,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Penajam Paser Utara, Alimuddin ketika ditemui helloborneo.com di Penajam, Selasa.

“Pelarangan itu untuk antisipasi pelajar konvoi atau keluyuran (pergi ke mana-mana tanpa tujuan) saat pulang sekolah setelah belajar tatap muka,” tambahnya.

Kegiatan pembelajaran tatap muka terbatas di Kabupaten Penajam Paser Utara diberlakukan dengan sejumlah aturan ketat di tengah pandemi COVID-19.

Selain protokol kesehatan yang harus diterapkan secara ketat di seluruh sekolah, peserta didik juga dilarang menggunakan sepeda motor ke sekolah.

Setiap peserta didik tegas Alimuddin, dilarang membawa atau menggunakan sepeda motor pribadi, kecuali sepeda ke sekolah.

Aturan tersebut sesuai arahan Kementerian Perhubungan dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Pelajar SMP menggunakan sepeda motor selain melanggar Undang-Undang lalu lintas, juga sebagai bentuk antisipasi agar tidak terjadi kerumunan pelajar SMP di jalan dengan mengendarai sepeda motor.

“Kami minta seluruh kepala SMP menyurati orang tua murid agar anaknya tidak membawa sepeda motor ke sekolah,” ucap Alimuddin.

“Alasan larangan itu yakni, melanggar Undang-Undang Lalu Lintas karena pelajar SMP belum cukup umur untuk mendapatkan SIM (surat izin mengemudi),” jelasnya.

Disdikpora Kabupaten Paser Utara juga tidak mau dampak lainnya muncul ketika pelajar SMP menggunakan sepeda motor yang bisa menodai pelaksanaan belajar tatap muka terbatas. (adv/bp/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.