Dishub Penajam Tingkatkan PAD Melalui Retribusi Pengujian Kendaraan

Bagus Purwa

Foto Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Penajam Paser Utara, Ahmad.

Penajam, helloborneo.com – Dinas Perhubungan atau Dishub Kabupaten Penajam Paser Utara, berupaya meningkatkan PAD (pendapatan asli daerah) melalui retribusi pengurusan pengujian kendaraan bermotor atau yang dikenal dengan KIR.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Penajam Paser Utara, Ahmad saat dihubungi helloborneo.com di Penajam, Selasa mengatakan, segala potensi pendapatan daerah akan dioptimalkan, kendati nilainya tidak terlalu besar.
“Kami sedang menyusun regulasi untuk tingkatkan pendapatan dari sektor pengujian kendaraan, dengan menaikkan tarif dasar pengujian,” ujarnya.

“Regulasi itu perubahan tarif pengujian kendaraan bermotor, sebab ada potensi pendapatan retribusi dari sektor itu.” tambah Ahmad.

Dinas Perhubungan Kabupaten Penajam Paser Utara bakal menaikkan tarif dasar pengujian kendaraan bermotor menjadi Rp50.000 per uji atau naik Rp15.000 dari tarif sebelumnya Rp35.000 per uji.

Dengan berlakukan peraturan atau regulasi tersebut menurut Ahmad, pendapatan dari retribusi pengujian kendaraan bermotor dari Rp400 juta per tahun dapat meningkat menjadi Rp500 juta per tahun.

Kendaraan wajib KIR tersebut lanjut ia, harus melakukan uji kelayakan atau pengurusan pengujian kendaraan bermotor setiap enam bulan sekali.

Dinas Perhubungan Kabupaten Penajam Paser Utara juga meluncurkan inovasi pelayanan KIR dengan menerapkan BLU-e dan pembayaran retribusi nontunai.

BLU-e (bukti lulus uji elektronik) adalah bukti lulus KIR untuk mempermudah distribusi dan penerbitan buku uji kendaraan bermotor kepada masyarakat.

BLU-e tersebut digagas untuk menggantikan buku uji kendaraan bermotor kata Ahmad, yang selama ini pendistibusian buku uji tersebut tidak terkendali.

Selain buku uji kendaraan bermotor mudah dipalsukan jelasnya, produksi buku uji juga tidak seragam diberbagai daerah. (adv/bp/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.