Kemendag Bantu Dana Untuk Lanjutkan Bangun Pasar Rakyat Babulu-Penajam

Bagus Purwa

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (Kukmperindag) Kabupaten Penajam Paser Utara, Kuncoro ketika dihubungi di Penajam.

Penajam, helloborneo.com – Kementerian Perdagangan atau Kemendag memberikan bantuan dana sekitar Rp6 miliar melalui dana tugas pembantuan 2022 untuk lanjutan pembangunan Pasar Rakyat Babulu Kabupaten Penajam Paser Utara.

“Tahun depan (2022) pembangunan Pasar Rakyat Babulu akan dilanjutkan,” ujar Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (Kukmperindag) Kabupaten Penajam Paser Utara, Kuncoro ketika dihubungi helloborneo.com di Penajam, Rabu.

“Usulan bantuan anggaran untuk lanjutan pembangunan pasar semi modern itu telah disetujui Kemendag, tinggal tunggu DIPA (daftar isian pelaksanaan anggaran) pemerintah pusat,” tambahnya.

Bantuan anggaran sekitar Rp6 miliar untuk lanjutan pembangunan Pasar Rakyat Babulu yang berlokasi di Desa Babulu Laut, Kecamatan Babulu, tahap ketiga berkapasitas 200 kios.
Jumlah kios maupun los yang ada di Pasar Rakyat Babulu dengan konsep semi modern itu saat ini mencapai 340 unit.

Lanjutan pembangunan Pasar Rakyat Babulu tahap ketiga menurut dia, untuk mengakomodir ratusan pedagang yang belum mendapatkan lapak di pasar tersebut.

“Pembangunan lanjutan gedung baru pasar rakyat akan menambah kapasitas pedagang yang ada di dalam pasar dengan tambahan kios maupun los sekitar 200 unit,” ucapnya.

Gedung baru yang akan dibangun tersebut lanjut Kuncoro, akan dibuat lebih representatif sehingga para pedagang dan konsumen nyaman dan aman saat berada di Pasar Rakyat Babulu.

Gedung psar dengan luas 900 meter persegi bakal memiliki fungsi berbeda dari bangunan pasar sebelumnya yakni, lebih diperuntukkan sebagai venue atau lokasi pameran.

Pembangunan Pasar Rakyat Babulu tahap satu dan dua telah rampung sekitar dua tahun lalu, serta bangunan pasar rakyat tersebut juga sudah memiliki akses jalan masuk.

Apabila pasar rakyat itu difungsikan akan banyak manfaat bagi perekonomian masyarakat di Kecamatan Babulu, serta dapat berkontribusi untuk PAD (pendapatan asli daerah). (bp)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.