Penduduk Kabupaten Berau Bertambah 42.476 Jiwa Selama 2021

Nita Rahayu

Jumlah penduduk Kabupaten Berau mengalami peningkatan (nr)
Jumlah penduduk Kabupaten Berau mengalami peningkatan (nr)

Berau, helloborneo.com – Jumlah penduduk Kabupaten Berau selama 2021 tercatat mengalami penambahan sekitar 42.476 jiwa.

“Jumlah penduduk Kabupaten Berau pada 2021 mengalami peningkatan dibanding 2020,” Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Disdukcapil kabupaten Berau, Slamet ketika ditemui helloborneo.com di Berau, Senin.

Setiap tahun terus terjadi pertambahan jumlah penduduk lanjut ia, dalam lima tahun terakhir penambahan terhitung sebanyak 42.476 jiwa.

“Bertambah terus, bahkan lima tahun terakhir, lumayan jumlahnya penduduk baru di Kabu[aten Berau,” ujarnya.

Pada 2020 merupakan penambahan terbesar dibanding Lima tahun sebelumnya, yakni menjadi 251.439 jiwa yang ditengarai adanya Pilkada.

Sehingga banyak masyarakat yang berinisiatif untuk mengubah kependudukan agar dapat berkontribusi memilih pemimpin Kabupaten Berau, kemudian pada 2021 bertambah menjadi 235. 979 jiwa.

“Terbanyak itu di musim Pilkada, mungkin itu orang sudah lama di Kabupaten Berau, tapi baru mengurus KTP supaya bisa coblos,” ucapnya.

Pendatang di Kabupaten Berau, didominasi oleh pencari kerja dari luar daerah baik Sulawesi, Jawa dan sekitarnya, sebab lowongan kerja yang tersedia ada dari berbagai bidang mulai perkebunan hingga pertambangan.

“Umumnya pasti mereka ke sini karena ingin cari kerja, entahkah itu sawit, tambang,” jelasnya.

Sementara untuk tahun ini (2022), Slamet mengaku belum dapat memastikan apakah fenomena pertambahan penduduk akan terus melaju, namun ada tidak akan semasif pada 2020. (bp)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.