Pelantikan Pergantian Antar Waktu Ketua DPRD Penajam Diagendakan 8 Juni 2022

ES Yulianto

Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara, Raup Muin (ESY)

Penajam, helloborneo.com – Pelantikan Pergantian Antar Waktu (PAW) Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara Jhon Kenedy digantikan Syahruddin M Noor diagendakan pada 8 Juni 2022.

“Pada rapat Badan Musyawarah (Banmus) Rabu (1/6), pelantikan PAW ketua dewan disepakati dilaksanakan Rabu (8/6),” ujar Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara, Raup Muin ketika ditemui helloborneo.com di Penajam, Senin.

Agenda pelantikan PAW Ketua DPRD yang disepakati dalam Banmus tersebut masih bisa berubah menurut dia, apabila SK (surat keputusan) pengangkatan Syahruddin M Noor sebagai ketua dewan dan pemberhentian Jhon Kenedy dari jabatan ketua DPRD belum terbit pada 8 Juni 2022.

“Jadwal pelantikan PAW ketua dewan pastinya tunggu SK yang diterbitkan Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor,” ucapanya.

“Apabila SK gubernur diterbitkan lewat dari 8 Juni 2022, maka pelantikan PAW Ketua DPRD itu akan kembali dijadwalkan pada rapat Banmus berikutnya,” tambahnya.

Jadwal pelantikan PAW ketua dewan disepakati dalam pada tanggal tersebut lanjut dia, karena pada akhir Juni 2022 akan digelar rapat paripurna menyangkut pandangan umum laporan pertanggungjawaban keuangan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara.

“Dalam Banmus disepakati diagendakan lebih dulu jadwal pelantikan PAW Ketua DPRD dan bisa digeser kalau SK gubernur belum terbit, karena akhir bulan ini ada rapat paripurna laporan pertanggungjawaban keuangan pemerintah kabupaten,” jelas Raup Muin.

Jhon Kenedy sempat melakukan gugutan menyangkut pergantian Ketua DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara yang dilakukan melalui rapat paripurna pada 14 April 2022, di Pengadilan Negeri Kelas II Penajam.

Namun pada 30 Mei 2022, Jhon Kenedy mencabut gugatan hasil rapat parpurna tersebut yang mengharuskan digantikan Syahruddin M Noor.

Pada rapat paripurna yang dihadir sebanyak 20 anggota DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara pada 14 April 2022 sepakat menindaklanjuti SK Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat Nomor 31/SK/DPP.PD/III/2022 tentang Pengantian Unsur Pimpinan Ketua DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, Fraksi Partai Demokrat. (bp)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.