Korea Utara Luncurkan Rudal Jelajah yang Mampu Membawa Senjata Nuklir Taktis

VOA Indonesia

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un memantau jalannya uji coba pelkuncuran sebuah rudal di lokasi tersembunyi di Korea Utara pada 10 Oktober 2022. (Foto: Korean Central News Agency/Korea News Service via AP)
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un memantau jalannya uji coba pelkuncuran sebuah rudal di lokasi tersembunyi di Korea Utara pada 10 Oktober 2022. (Foto: Korean Central News Agency/Korea News Service via AP)

Pyongyang, helloborneo.com – Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengawasi peluncuran dua rudal jelajah strategis jarak jauh, lapor media pemerintah pada Kamis (13/10). Kim menyebut peluncuran tersebut sebagai tes untuk mengonfirmasi kemahiran dan operasi senjata berkemampuan nuklir yang dikerahkan ke sejumlah unit militer.

Uji tembak itu dilakukan pada Rabu (12/10) dan bertujuan untuk “meningkatkan efisiensi tempur dan kekuatan” rudal jelajah yang dipercayakan kepada Tentara Rakyat Korea “untuk operasi nuklir taktis,” kata media pemerintah Korea Central News Agency (KCNA).

Seraya menekankan bahwa uji tembak adalah peringatan lain yang jelas bagi “musuh,” Kim mengatakan negaranya “harus terus memperluas lingkup operasional senjata nuklir strategis untuk secara tegas mencegah krisis militer dan krisis perang yang krusial kapan saja dan sepenuhnya mengambil inisiatif untuk langkah itu,” menurut KCNA.

KCNA mengatakan Kim telah memandu latihan taktis nuklir yang menarget Korea Selatan selama dua minggu terakhir sebagai protes atas latihan angkatan laut bersama yang dilakukan oleh pasukan Korea Selatan dan Amerika Serikat yang melibatkan sebuah kapal induk baru-baru ini.

KCNA melaporkan bahwa dua rudal yang ditembakkan pada hari Rabu terbang selama 10.234 detik untuk “dengan jelas mencapai target yang jauhnya 2.000 kilometer.”

Tidak segera jelas apakah peluncuran itu terdeteksi oleh pihak berwenang di Korea Selatan, Jepang, atau Amerika Serikat, yang sering memantau dan merilis informasi tentang aktivitas senjata Korea Utara. (log)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.