Ratusan Unit Lemari Es dan Kompor Gas Disalurkan Dukung UMKM di Tanjung Aru

Tontong Bhakti Sihombing

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Paser, Abdullah. (TBS)
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Paser, Abdullah. (TBS)

Paser, helloborneo.com – Sebanyak 142 unit lemari es dan 142 kompor gas disalurkan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Paser, Abdullah, kepada kelompok Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Kerupuk Udang di Desa Tanjung Aru, Kecamatan Tanjung Harapan.

Penyaluran ratusan perangkat elektronik dan perabotan dapur untuk memasak itu, merupakan hasil dari Pokok-Pokok Pikiran (Pokir) yang disampaikan pada Serap Aspirasi (Reses) beberapa waktu lalu, dan direalisasikan melalui APBD-P Paser 2022.

“Ini hasil dari aspirasi warga dalam mendukung dan menunjang usahanya dalam mengembangkan produk kerupuk udang,” jelas Ketua DPC Partai Demokrat Paser ini.

Abdullah mengatakan, penyaluran bersifat bantuan ini merupakan bagian dari kebutuhan warga yang mendesak. Pasalnya, warga di Desa Tanjung Aru berinisiasi bukan hanya menjual utuh hasil laut oleh para nelayan, namun dapat pula diolah oleh Ibu Rumah Tangga (IRT).

Selain untuk mengisi kekosongan waktu, lanjutnya, IRT juga perlu mengembangkan bakat yang menghasilkan dengan mengolah hasil lait menjadi produk usaha guna menambah pundi penghasilan salah satunya kerupuk udang.

“Jadi ini dimanfaatkan oleh IRT setempat. Sambil menunggu suaminya pulang melaut, ada juga yang dihasilkan untuk menambah pemasukan rumah tangga,” tambahnya.

Menurut Abdullah, peralatan yang disalurkan sangat membantu masyarakat, mengingat para IRT setempat memiliki keterbatasan modal. Ia berharap dari bantuan yang diberikan dapat berdampak pula pada peningkatan ekonomi masyarakat setempat.

“Harapan saya ke depan untuk perlalatan yang telah diberikan dapat dirawat dan digunakan dengan baik,” imbuh dia.

Diketahui bantuan ini diberikan setelah para nelayan membentuk sebuah kelompok dan membuat usulan kebutuhan. Dari usulam itu, diproses oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Paser. (adv/log)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.