Korea Utara dan Korea Selatan Bertukar Tembakan Peringatan di Tengah Ketegangan

VOA Indonesia

Layar televisi di sebuah stasiun kereta api di Seoul menayangkan berita mengenai latihan militer yang dilakukan pasukan Korea Selatan pada 19 Oktober 2022. (Foto: AP/Ahn Young-joon)
Layar televisi di sebuah stasiun kereta api di Seoul menayangkan berita mengenai latihan militer yang dilakukan pasukan Korea Selatan pada 19 Oktober 2022. (Foto: AP/Ahn Young-joon)

Seuol, helloborneo.com – Baik Korea Utara dan Korea Selatan mengatakan saling bertukar tembakan peringatan dekat sebuah wilayah sengketa di lepas pantai barat mereka. Perkembangan terbaru itu mengindikasikan meningkatnya ketegangan militer di Semenanjung Korea.

Militer Korea Selatan mengatakan pihaknya melepaskan tembakan peringatan ke sebuah kapal dagang Korea Utara yang menyeberangi Garis Batas Utara (NLL), perbatasan de fakto laut Korea, pada Senin (24/10) pukul 3.42 pagi waktu setempat.

Sekitar 90 menit kemudian, Korea Utara membalasnya dengan melepaskan 10 kali tembakan dari sebuah sistem peluncur roket, menurut pernyataan militer Korea Utara yang diunggah ke media milik pemerintah.

Kapal Korea Utara itu menyeberangi NLL dekat pulau Baengnyeong, Korea Selatan, tapi kembali bergerak ke arah utara setelah peringatan tersebut muncul, kata militer Korea Selatan.

Korea Utara tidak mengakui NLL dan kapal-kapalnya terkadang menyebrangi perbatasan, sehingga menyebabkan insiden militer yang menegangkan.

Tidak ada pihak yang melaporkan adanya bentrokan dalam insiden pada Senin (24/10) tersebut.

Ketegangan antar kedua negara telah meningkat ketika Korea Utara melakukan banyak uji coba rudal tahun ini.

Kekhawatiran kini meningkat bahwa Korea Utara dalam waktu dekat akan kembali melakukan uji coba nuklir ketujuhnya sejak 2006. (log)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.