PII Sebut IKN Akan Jadi Percontohan Kota Masa Depan

David Purba

Ketua Umum PII, Danis Hidayat Sumadilaga (tengah). (Ist)
Ketua Umum PII, Danis Hidayat Sumadilaga (tengah). (Ist)

Balikpapan, helloborneo.com – Persatuan Insinyur Indonesia (PII) menilai pembangunan IKN dapat menjadi percontohan kota masa depan di Indonesia. “Hasilnya bisa dijadikan contoh bagi pembangunan kota pada masa depan, tidak hanya di Kaltim tapi seluruh Indonesia,” kata Ketua Umum PII Danis Hidayat Sumadilaga pada konferensi pers Rapimnas PII Di Hotel Novotel, Kamis (19/23) malam.

Pria yang menjabat Ketua Satgas Pelaksnaan Pembangunan Infrastruktur IKN ini menambahkan, beberapa perencanaan di IKN yang dapat menjadi model kota masa depan antara lain penyediaan akses bagi pejalan kaki, pesepeda dan transportasi umum yang ramah lingkungan. Penyediaan ruang terbuka hijau yang rencananya mencapai 75 persen dari total luasan IKN, disebut Danis juga bisa menjadi contoh.

“Ini contoh sederhana yang bisa diadopsi oleh para insinyur di kota-kota lain di seluruh Indonesia,”kata Danis.

PII sebut dia juga mendorong peningkatan Tingkat Komponen Dalam Negeri pada pembangunan di IKN hingga 80 persen, sehingga dapat mengurangi ketergantungan terhadap luar negeri.

‘Kami juga mendorong agar pelibatan ahli konstruksi dari Kalimantan Timur dan sekitarnya pada proyek IKN. Ini kami wujudkan dengan pelatihan dan sertifikasi bagi pekerja,” jelas Danis.

Ketua Pelaksana Rapimnas PII Hetifah Sjaifudian menambahkan, persiapan pelaksanaan Rapimnas di Hotel Novotel sudah mendekati 100 persen. Setidaknya 500 peserta dari seluruh Indonesia bakal menghadiri Rapimnas. Mereka merupakan pengurus pusat PII, Badan Kejuruan (BK PII) serta pengurus wilayah dan cabang dari seluruh Indonesia.

“Kehadiran para insinyur di Balikpapan ini sekaligus jadi simbol dukungan terhadap pembangunan IKN,” kata Hetifah.

Sejumlah menteri dipastikan juga akan menghadiri Rapimnas PII, baik secara langsung maupun secara daring. Menteri Perhubungan, Kepala Bappenas dan Menteri PUPR dijadwalkan hadir secara fisik pada Jum’at (20/1). Sedangkan Menko Perekonomian, Menparekraf, Menko Marves dan Mendikbud bakal hadir secara daring.

Salah satu agenda pada Rapimnas PII adalah Engineering Exhibition yang diikuti sejumlah BUMN dan perguruan tinggi. Dia berharap pameran ini dapat menunjukkan perkembangan berbagai project terbaru dari DUDI dan instansi pendidikan sehingga dapat membuka ruang diskusi dan kolaborasi lebih lanjut.

“Nantinya juga akan ada Vlog Seru di Engineering Expo Rapimnas PII dengan total hadiah Rp 5 juta. Cukup mengikuti akun Instagram @pp_pii_official dan upload vlog kegiatan di venue expo pada periode 20-22 Januari,” kata Hetifah. (log)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.