Kelurahan Petung Masih Merawat Arsip Peta Transmigrasi Tahun 1956

Edy Suratman Yulianto

Kantor Kelurahan Petung. (Ist)
Kantor Kelurahan Petung. (Ist)

Penajam, helloborneo.com – Pemerintah Kelurahan Petung, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) menghadapi sistem perawatan arsip-arsipnya. Selain itu, terdapat arsip lama yang masih digunakan dan dirawat secara tradisional.

Lurah Kelurahan Petung, Achmad Fitriady menyampaikan bahwa saat ini sistem perawatan terkait arsip-arsip yang ada di Kantor Lurah masih terbatas.

Bahkan pemerintah Kelurahan Petung itu masih menyimpan arsip lama, yakni peta transmigrasi tahun 1956 sampai 1960. Yang mana peta tersebut, diakui Achmad Fitriady dibuat secara manual.

“Arsip terlama itu peta transmigrasi 1956-1960 yang masih dibuat secara manual dengan ukuran besar, itu ada tersimpan di Kelurahan Petung,” ungkapnya.

Arsip ini tetap dirawat dengan baik meskipun berusia puluhan tahun karena relevansinya dengan pertanahan dan sejarah tanah di wilayah tersebut.

“Kami menyadari betapa pentingnya teknologi untuk memudahkan manajemen arsip, namun kami masih dalam tahap perencanaan untuk menerapkannya,”

Bagi Achmad Fitriady masih banyak hal yang bisa kita pelajari dari arsip-arsip lama ini. Mereka bukan hanya dokumentasi sejarah, tetapi juga pedoman bagi kerja-kerja dan mengatasi masalah di Kelurahan Petung.

“Dengan perkembangan teknologi, kelurahan dapat menggunakan sistem kearsipan kontemporer untuk memaksimalkan pemanfaatan arsip, menjaga keasliannya, dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.,” pungkasnya. (adv/log)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.