DPRD PPU Berharap Masyarakat Ikut Memantau Alokasi Dana Desa

Ketua Komisi I DPRD Kabupaten PPU, Andi Yusup. (Ist)
Ketua Komisi I DPRD Kabupaten PPU, Andi Yusup. (Ist)

Penajam, helloborneo.com – Ketua Komisi I Dewan Perakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten PPU, bidang Hukum dan Pemerintahan, Andi Yusup meminta masyarakat untuk ikut memantau penggunaan alokasi dana desa agar pengalokasiannya tepat sasaran dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Agar penggunaan dana desa bisa tepat sasaran, saya mengimbau masyarakat desa untuk turut memantau pengelolaan dan penggunaan dana desa. Dengan adanya pengawasan dari semua pihak diharapkan penggunaan dana desa bisa lebih tepat sasaran,” katanya

Ia mengatakan, ketika masyarakat menilai ada oknum yang berupaya menyelewengkan dana desa, maka masyarakat desa bisa berkoordinasi dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) untuk melakukan musyawarah dan mencari solusi terbaik terkait dugaan penyelewengan anggaran dana desa tersebut.

“Dalam hal ini, pihak pemerintah desa juga harus transparan saat ada warganya meminta keterangan mengenai penggunaan dana desa,” tuturnya.

Kalau memang masyarakat merasa belum puas dengan hasil mufakat itu, katanya, masyarakat bisa meminta kepada pihak inspektorat untuk melakukan pemeriksaan terkait dengan pengelolaan dana desa.

“Nantinya, hasil audit dana desa dari Inspektorat bisa disampaikan kepada BPD yang selanjutnya pihak BPD dapat memaparkan hasil audit tersebut kepada masyarakat melalui forum rapat,” jelasnya.

Terkait hal itu, ia juga mengimbau agar setiap kepala desa bisa meningkatkan kapasitas dan potensi sumber daya manusia di internal pemerintahan desa sehingga bisa lebih mantap untuk turut membantu dalam menyusun anggaran, hingga memberikan saran terkait pengelolaan dan penggunaan dana desa.

“Saya harap kebutuhan utama masyarakat seperti peningkatan infrastruktur jalan, sektor pendidikan, kesehatan dan sejenisnya bisa menjadi prioritas pembangunan sehingga kebutuhan dasar masyarakat dalam menunjang peningkatan kesejahteraan bisa lebih cepat terealisasi,” katanya. (adv/log)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.