Keberadaan “WTP” Penuhi Kebutuhan Air Masyarakat Penajam

Alpian – Humas Setkab Penajam Paser Utara

 

Masyarakat mendapatkan layanan air bersih dari “WTP Mobile” (Alpian - Humas Setkab Penajam Paser Utara)

Masyarakat mendapatkan layanan air bersih dari “WTP Mobile” (Alpian – Humas Setkab Penajam Paser Utara)

Penajam, helloborneo.com – Masyarakat Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, menyambut baik dan merasa senang dengan keberadaan”water treatment plant mobile” atau instalasi pengolahan air yang bisa berpindah karena memenuhi kebutuhan air bersih layak minum bagi warga setempat.setempat.

Lurah Sotek, Kecamatan Penajam, Zaenal Arifin, di Penajam, Selasa, mengatakan, keberadaan “WTP Mobile” tersebut bisa memenuhi kebutuhan air bersih dan layak dikonsumsi bagi warga, namun “WTP Mobile” itu belum bisa menjangkau sebagian masyarakat di dearah pelosok yang kondisi jalannya sulit dilalui sulit dilalui “WTP Mobile” karena kendaraan terlalu rendah.

“Sebagian warga yang berada di daerah pelosok juga menginginkan ada layanan air bersih, tapi menurut UPT PU (unit pelaksana teknis pekerjaan umum) Kecamatan, saat ini “WTP Mobile” masih terbatas dan kendaraan terlalu rendah sehingga tidak bisa melalui jalan di daerah pelosok,” jelas Zaenal Arifin.

Namun menurutnya, truk tangki masuk ke daerah pelosok tersebut, sehingga masyarakat mengusulkan pemerintah daerah mengadakan truk tangki atau menambah “WTP Mobile” dengan yang bisa masuk daerah pelosok untuk memenuhi kebutuhan air bersih layak minum bagi warga.

“Masyarakat meminta, kalau bisa tahun depan pemerintah daerah menambah “WTP Mobile” yang bisa masuk ke daerah pelosok atau mengadakan truk tangki sehingga bisa menjangkau daerah terpencil,” kata Zaenal Arifin.

Ia berharap, permintaan atau usulan dari masyarakat di daerah pelosok tersebut menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, dan dijadikan prioritas. Karena keberadaan “WTP Mibile” tersebut bisa mengurangi beban masyarakat terkait kebutuhan air bersih, terutama warga yang berada di daerah pelosok.

“WTP Mobile” tersebut tambah Zaenal Arifin, sudah bisa memenuhi kebutuhan air bersih layak minum bagi warga Kecamatan Penajam, namun warga yang berada dibeberapa daeah pelosok masih kesusahan mendapatkan air bersih, terutama pada musim kemarau.

“Keberadaan “WTP Mobile” itu bisa memenuhi kebutuhan air bersih layak minum bagi warga di Kecamatan Penajam, Waru, Babulu dan Kecamatan Sepaku, tapi hanya warga yang daerahnya dekat dengan ibu kota kecamatan terlayani, sedangkan warga di daerah pelosok yang ada di kecamatan itu belum terlayani,” ungkapnya. (adv/bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.