Peringatan Hari Pahlawan Penajam Dirangkai Deklarasi Damai

Bagus Purwa

Wakil Bupati PPU, Hamdam Saat Memimpin Upacara Hari Pahlawan di Lapangan Kantor Bupati.

Penajam, helloborneo.com – Peringatan Hari Pahlawan di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, dirangkai dengan Deklarasi Damai Pemilu 2019 yang dipusatkan di lapangan upacara kantor bupati setempat, Sabtu.

Deklarasi Damai Pemilu 2019 tersebut digelar seusai upacara Hari Pahlawan yang dipimpin oleh Wakil Bupati Penajam Paser Utara Hamdam.

Seluruh pejabat di Kabupaten Penajam Paser Utara dan peserta upacara, bersama-sama membaca berikrar serta menyatakan sikap demi tetap terwujudnya keamanan dan ketertiban masyarakat yang aman dan kondusif, dalam menghadapi Pemilu 2019.

“Saya apresiasi Deklarasi Damai agar Kambtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat) tetap terjaga pada pemilihan legislatif serta pemilihan presiden dan wakil presiden 2019,” ucap Hamdam.

“Peringatan Hari Pahlawan memberikan palajaran moral, bahwa warisan terbaik para pahlawan bangsa bukanlah politik ketakutan melainkan politik harapan,” tambah Wabup Hamdam saat membacakan sambutan Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita.

Seberat apapun tantangan yang dihadapi serta keterbatasan yang ada lanjut Hamdam, tidak akan menyurutkan semangat perjuangan untuk tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia atau NKRI.

Pengalaman merebut dan mempertahankan kemerdekaan tutur Wabup, juga menunjukkan betapa semangat perjuangan dan mental pahlawan memiliki karakter hidup yang luar biasa menghadapi berbagai rintangan.

“Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya, sebagai momen bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan untuk memaknai pengorbanan para pahlawan, serta menyalakan jiwa kepahlawanan berjuang mengisi kemerdekaan,” jelas Hamdam.

Deklarasi Damai Pemkab PPU.

Mengutip ungkapan Bung Karno, tambah Wabup semangat kepahlawanan itu, semangat rela berjuang penuh idealisme mengutamakan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi.

Ia menimpali lagi, semangat kepahlawanan, semangat persatuan yang bulat dan mutlak dengan tiada mengecualikan satu golongan dan lapisan, serta semangat membentuk dan membangun negara.

Selain Hamdam, upacara Peringatan Hari Pahlawan juga dihadiri Pejabat Forum Komunikasi Daerah (FKPD) dan pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, serta peserta upacara dari unsur TNI/Polri, pelajar dan SKPD (satuan kerja perangkat daerah). (bp/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.