Lagi, Jalan Rusak Depan Kantor DPRD Paser Nyaris Gulingkan Truk Muatan Sawit

Foto Istimewa.

Tana Paser, helloborneo.com – Ruas jalan rusak di kawasan Gajah Mada, tepat di depan Kantor DPRD Paser menyebabkan truk berwarna merah dengan pelat KT 8793 VC, muatan sawit nyaris terguling. Kejadian tersebut berlangsung sekira pukul 06.00 Wita pada Jumat (26/3/2021).

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Paser, Inayatullah menjelaskan telah mendengar adanya truk nyaris roboh di depan Kantor DPRD Paser disinyalir kelebihan muatan.

“Truk itu ditahan. Karena disinyalir kelebihan muatan. Walaupun belum ada bukti autentik berupa alat timbangan portable, jembatan timbang yang juga kami belum punya,” kata Inayatullah, saat dikonfirmasi via seluler mengingat ia tengah berada di Kota Balikpapan.

Disinyalir melebihi muatan, dijelaskannya jika melihat kondisi muatan truk itu, dimana melebihi bak.

“Itu sementara yang dijadikan asumsi untuk menyatakan kelebihan muatan. Jadi saat ini masih ditahan. Termasuk surat menyurat menjadi kewenangan kepolisian,” sambungnya.

Terkait batas muatan truk, diterangkan Inayatullah jika Jalan Gajah Mada berstatus jalan kabupaten, dan kelas IIIA. Yang mana maksimal Muatan Sumbu Terberat (MST) tak lebih dari delapan ton.

“Ya saat ini kabid pembinaan dan pengendalian Dishub sedang rapat dengan kasatlantas, terkait merumuskan langkah-langkah penindakan maupun langkah representatif,” tutup Inayatullah.

Kendaraan berhasil dikeluarkan dari ruas rusak itu, setelah satu unit alat berat ekskavator diturunkan untuk mendorong truk itu. Sementara dari pantauan awak media ini, pukul 15.30 Wita atau sore harinya, dilakukan penataan jalan di TKP diturunkan dua unit alat berat jenis ekskavator dan vibro compactor.

Sebagai catatan, sebelumnya Kamis (25/3/2021) pukul 05.40 Wita terjadi hal serupa di TKP yang sama. Dimana truk muatan sawit jenis Toyota Dyna warna putih dengan pelat KT 8396 EF terguling, usai supir lepas kendali saat menghindari lubang. (/sop/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.