Stok Beras Capai 1000 Ton, Ketersediaan Pangan Bertahan Empat Bulan di Paser

Foto Istimewa.

Tana Paser, helloborneo.com – Jelang Ramadan, ketersediaan pangan di Gudang Bulog Tanah Grogot masih aman. Dikatakan Kepala Perum Bulog Kantor Cabang Pembantu (Kancapem) Tanah Grogot Panji Lintang stok cadangan beras untuk masyarakat Kabupaten Paser sebanyak 1.000 ton, dan ketersediaan pangan tersebut masih mencukupi hingga 4 bulan kedepan.

“Meskipun memasuki bulan Ramadan untuk beras di tanah grogot, saat ini ada 1.000 ton yang ada di gudang, ini bisa bertahan hingga 4 bulan kedepan,” kata Panji, Jumat (2/4/2021).

Bulog Paser sampai saat ini, tetap menyerap padi dari produksi lokal, baik dari wilayah Kabupaten Paser maupun dari Penajam Paser Utara (PPU) berdasarkan Peraturan Menteri Perdagangan (Permedag) Nomor 24 Tahun 2020,” ujarnya.

Ia memaparkan ketersediaan pangan di Gudang Bulog Tanah Grogot, selain beras juga tersedia 4 ton daging beku, 3 ton tepung, 97 ton gula dan 700 liter minyak goreng.

“Komoditas lain masih mencukupi, kemungkinan nanti kita akan minta tambahan stok minyak,” kata Panji.

Panji melanjutkan, Bulog memiliki tugas dan tanggungjawab yaitu menjaga stabilitas harga baik itu dari tingkat produsen maupun konsumen. Untuk produsen, dilakukan penyerapan hasil produksi petani, sedangkan untuk tingkat konsumen Bulog melakukan ketersediaan pasokan dan stabilitasi harga.

Rencananya Bulog akan melaksanakan operasi pasar atau pasar murah saat bulan Ramadan. “Ditahun sebelumnya setiap bulan Ramadan kita lakukan operasi pasar murah dan nantinya kita akan agendakan di setiap Kecamatan,” tutup Panji. (/sop/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.