Bupati Penajam Resmi Luncurkan Desa Mantap

AH Ari B

 Bupati Penajam Paser Utara, Yusran Aspar secara resmi luncurkan Desa Mantap (AH Ari B - Hello Borneo)


Bupati Penajam Paser Utara, Yusran Aspar secara resmi luncurkan Desa Mantap (AH Ari B – Hello Borneo)

Penajam, helloborneo.com – Bupati Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, resmi meluncurkan Desa Mantap atau desa yang menggunakan sistem informasi pelayanan manajemen berbasis aplikasi jaringan.

“Saya berharap pelayanan pemerintah desa ke masyarakat dapat lebih cepat,” kata Yusran Aspar pada peluncuran Desa Mantap tersebut di gedung Serba Guna Desa Sesulu, Kecamatan Waru, Kamis.
Program Desa Mantap itu merupakan kerja sama Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara dengan Balai Pemberdayaan Masyarakat Desa, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Bupati Yusran Aspar mengapresiasi peluncuran aplikasi sistem informasi manajemen desa atau Simdes yang dilakukan di 30 desa di wilayah Penajam Paser Utara tersebut.

“Saya apresiasi program Desa Mantap itu, karena menjadi yang pertama kali di wilayah Kalimantan Timur, bahkan di Pulau Kalimantan,” ujarnya.

Yusran Aspar berharap melalui pelayanan Simdes tersebut dapat mempercepat pelayanan informasi kepada masyarakat, khususnya di pemerintahan desa.

Bupati meminta kepala desa tidak hanya mengembangkan aplikasi, namun juga berupaya dan berinisiatif untuk meningkatkan pembangunan desa.

“Kepala desa juga harus tingkatkan pembangunan di segala lini untuk menunjang pertumbuhan ekonomi masyarakat yang lebih baik,” ucap Yusran Aspar.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Penajam Paser Utara Dul Azis menjelaskan, Simdes memiliki banyak manfaat, di antaranya mempermudah dan mempercepat tata kelola administrasi di tingkat desa.

Selain itu menurut dia, Simdes juga bisa membantu tugas aparat desa untuk melakukan pencatatan dan pengolahan informasi data kependudukan.

Namun untuk sementara, penerapan Simdes di masing-masing desa tersebut masih dilakukan secara “offline” (tidak terhubung atau tidak terkoneksi dengan internet) mengingat infrastruktur jaringan masih terbatas.

Selain di hadiri Bupati Yusran Aspar dan Dul Azis, peluncuran Desa Mantap tersebut juga dihadiri Sekretaris Kabupaten Penajam Paser Utara, Tohar, Camat Waru Fahri Rozani Goffar, Camat Babulu Andi Trisaldi serta kepala desa se Kecamatan Babulu. (adv/bp/*rol)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.