Dukung Gerakan Nasional NonTunai, LinkAja Hadirkan Digital QRIS di Lingkungan Polresta Balikpapan

Foto Istimewa.

Balikpapan, helloborneo.com – Berkomitmennya mendukung program Pemerintah dan turut memperluas penggunaan non-tunai melalui teknologi Quick Respon Indonesia Standard (QRIS) pada fasilitas publik di aparatur negara, LinkAja bekerja sama dengan Kepolisian Resor Kota (Polresta) Balikpapan dalam menghadirkan layanan pembayaran digital untuk pembayaran Surat Izin Mengemudi (SIM) baru dan perpanjangan, serta pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) kepada masyarakat di Kota Balikpapan.

Haryati Lawidjaja, Direktur Utama LinkAja, mengatakan kerja sama yang dilakukan LinkAja dengan Polresta Balikpapan merupakan langkah nyata kami dalam mendukung Gerakan Nasional Non Tunai yang diprakarsai oleh Bank Indonesia sekaligus mendukung penerapan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 guna mencegah terjadinya kerumunan jika harus mengurus secara offline.

“Hal ini juga merupakan bagian dari perjalanan digitalisasi keuangan LinkAja dan juga Layanan Syariah LinkAja di Balikpapan yang kami mulai di tahun 2020. Hadirnya LinkAja maupun Layanan Syariah LinkAja sebagai opsi pembayaran di Polresta Balikpapan, diharapkan tidak hanya dapat membantu peningkatan mutu pelayanan Polresta Balikpapan tetapi juga memudahkan masyarakat dalam bertransaksi dengan lebih aman, mudah, dan nyaman,” jelas Haryati, Kamis (20/5/2021)

Kepala Kepolisian Resor Kota Balikpapan , Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Turmudi sebagai lembaga aparatur negara, Polresta berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Ia menjelaskan peresmian layanan dengan menggunakan QRIS untuk SIM dan SKCK tertuang dalam program ke-6 dari 100 hari kinerja Kapolri.

“Berdasarkan data lembaga penelitian perbankan selama pandemi Covid19 di Indonesia terjadi proses digitalisasi keuangan. Kami mengapresiasi langkah LinkAja dalam menghadirkan pembayaran digital QRIS untuk layanan SIM dan SKCK di Polresta Balikpapan yang dapat memberikan keamanan dan kemudahan kepada masyarakat. Kami optimis kerja sama ini dapat mendukung program prioritas Kapolri di bidang peningkatan kualitas pelayanan publik POLRI,” ungkap Turmudi.

Ditambahkan oleh Haryati, selain menghadirkan kemudahan pembayaran untuk layanan masyarakat di Polresta Balikpapan, LinkAja memiliki ekosistem digital yang kuat di kota Balikpapan dan sekitarnya. Sampai dengan Akhir April 2021 , daftar pengguna LinkAja di area Balikpapan atau Kalimantan dan sekitarnya sebesar lebih dari 290 ribu. Saat ini LinkAja memiliki lebih dari 38 ribu merchants yang tersebar di Kota Balikpapan, Samarinda, Tarakan dan kota lain di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara.

“Beberapa merchants lokal yang menerima transaksi menggunakan LinkAja antara lain Yova mart Balikpapan, Kopi Hitam Manis Balikpapan, Valentine Bakery Samarinda, SIM Polres Tarakan, NU Store Tarakan, RS Pertamedika Tarakan, Eramart Samarinda, dan Aero Cab Balikpapan atau Taxi Bandara,” pungkasnya. (/sop/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.