Disdikpora Penajam Bakal Terapkan Kunjungan Rumah Bagi Peserta Didik Baru

Ari B

Foto Kepala Disdikpora PPU, Alimuddin.

Penajam, helloborneo.com – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Penajam Paser Utara, menerapkan pembelajaran kunjungan rumah atau “home visit” bagi peserta didik baru Tahun Ajaran 2020/2021.

Kepala Disdikpora Kabupaten Penajam Paser Utara, Alimuddin saat ditemui helloborneo.com di Penajam, Rabu mengatakan, tahun ini menerapkan sistem pembelajaran sekolah dilakukan di rumah bagi peserta didik baru.

Pergantian pola pembelajaran secara langsung tersebut, menurut dia, menyesuaikan hasil SKB (surat keputusan bersama) empat menteri tentang pola pembelajaran tatap muka di tengah pandemi COVID-19.

“Pembelajaran secara langsung atau tatap muka di sekolah dan di rumah mulai diberlakukan pada pekan ketiga Juli 2021,” ujar Alimuddin.

Program pembelajaran kunjungan rumah diutamakan bagi peserta didik kelas satu dan dua Sekolah Dasar, serta kelas satu Sekolah Menengah Pertama.

Pembelajaran dengan cara kunjungan rumah tersebut, katanya, dilakukan agar tidak terjadi penurunan kualitas pendidikan.

“Pembelajaran tatap muka itu tidak harus di sekolah, pembelajaran ‘home visit’ juga masuk kategori pembelajaran tatap muka,” ucapnya.

mendatangi peserta didik ke rumah atau ‘Home visit’ sudah kami lakukan pada tahun sebelumnya,” ungkap Alimuddin.

Disdikpora Kabupaten Penajam Paser Utara tetap menerapkan pembelajaran tatap muka dengan pertemuan guru dan murid di rumah untuk proses belajar mengajar.

Pembelajaran secara langsung tersebut, kata Alimuddin, dilakukan dalam kelompok yang terbatas dan jam juga dibatasi untuk menyiasati pandemi COVID-19.

Ia tetap berharap kegiatan pembelajaran secara langsung atau tatap muka mendapat pendampingan dari Tim Satgas (satuan tugas) Penanganan COVID-19 kabupaten maupun kecamatan.(adv/bp/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.