Pemkot Balikpapan Anggarkan Rp 160 Miliar Untuk Pembangunan RSUD Balikpapan Barat

Joko Sugiarto

Kepala DKK Balikpapan, Andi Sri Juliarty
Kepala DKK Balikpapan, Andi Sri Juliarty

Balikpapan, helloborneo.com – Pemerintah Kota Balikpapan berencana membangun Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Balikpapan Barat pada tahun 2022. Rencana pembangunan Rumah Sakit Barat ini merupakan program untuk mendistribusikan penyediaan fasilitas kesehatan masyarakat di setiap kecamatan.

RSUD Balikpapan Barat ini akan dibangun di lokasi Rumah Sakit Khusus Bersalin Sayang Ibu yang telah ditingkatkan statusnya menjadi rumah sakit umum daerah.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, Andi Sri Juliarti yang akrab disapa Dio mengatakan, total rencana anggaran yang dibutuhkan untuk merealisasikan RSUD Balikpapan Barat mencapai Rp 160 miliar yang digarap dengan pola pengerjaan multiyears.

“Untuk tahun 2022 rencananya akan dianggarkan terlebih dahulu sekitar Rp 50 miliar sebagai tahap awal pembangunan RSUD Balikpapan Barat yang dulunya rumah sakit khusus bersalin sayang ibu, berubah status menjadi rumah sakit umum daerah, sehingga bisa melayani segala penyakit, tidak terbatas pada pelayanan ibu dan anak saja. Rencananya RSUD Balikpapan Barat akan memiliki standar tipe C dengan kapasitas sekitar 100 tempat tidur,” ujarnya kepada wartawan Selasa, (3/8/2021)

Ia menjelaskan, RSUD Balikpapan Barat rencananya akan dibangun dengan dilengkapi sejumlah fasilitas antara lain fasilitas ruang isolasi untuk penyakit menular, seperti Covid-19 dan HIV. Sehingga tidak perlu mengubah ruangan setiap saat seperti yang terjadi saat ini. Pembangunan RS Balikpapan Barat ini merupakan program prioritas yang diusulkan oleh Dinas Kesehatan bersamaan dengan rencana pemberian BPJS gratis kepada masyarakat.

“Pembangunan rumah sakit ini sudah lama digaungkan beberapa tahun lalu. Namun mulai tampak hasilnya di era kepemimpinan Rahmad Mas’ud. Pemerataan pelayanan kesehatan menjadi salah satu konsen dari kinerja dan target wali kota terpilih. Setidaknya, dibutuhkan komitmen kuat dari pemerintah kota dengan dukungan DPRD dan anggaran sehingga bisa direalisasikan,” pungkasnya. (sop/tan)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.