Sambut HUT RI Ke-76, RDDB Gelar Donor Darah Massal

Joko Sugiarto

RDDB Gelar Donor Darah Massal
RDDB Gelar Donor Darah Massal

Balikpapan, helloborneo.com – Relawan Donor Darah Balikpapan (RDDB) kembali melaksanakan aksi donor darah massal untuk ketiga kalinya di  Balikpapan. Hanya saja, di hari ulang tahunnya yang ketiga ini, polanya tampak berbeda dari sebelumnya. Mengingat Balikpapan masih dalam suasana Pandemi Covid-19, maka protokol kesehatan pun perlu diperhatikan secara intens.

Ketua komunitas RDDB Balikpapan, Rudiansyah mengatakan bahwa event donor darah dilaksanakan pada Sabtu nanti, tanggal 7 Agustus 2021. Lokasinya langsung di Markas Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Balikpapan di Jalan Jenderal Sudirman, Klandasan dan para peserta harus daftar terlebih dahulu dan mengikuti prosedur donor pada umumnya.

“Tahun pertama di Plaza Balikpapan donor darahnya, alhamdulillah jadi yang terbanyak mengumpulkan kantong darah yang pelaksanaannya di plaza atau mal. Tahun kedua di PMI, alhamdulillah juga lancar. Nah ketiga di PMI lagi, namun karena situasi covid cukup tinggi maka prokesnya jauh lebih ketat,” ujar Rudi, sapaan akrabnya.

Kegiatan donor darah massal ini juga bagian dari sosialisasi donor darah Plasma Konvalesen (PK) yang digunakan untuk tranfusi pasien terkonfirmasi positif covid dengan gejala sedang hingga berat menyesuaikan petunjuk dokter yang merawat di rumah sakit.

Harapannya, masyarakat lebih peduli dan bisa menyadari pentingnya donor darah. Baik konvensional atau donor darah biasa ataupun donor darah plasma konvalesen. Tidak hanya datang ke PMI saat ada yang membutuhkan, tetapi menjadi aktivitas rutin setiap tiga bulan untuk donor konvesional atau aktivitas dua mingguan bagi donor plasma.

“Kita ingin terus menggairahkan masyarakat untuk mengerti keutamaan donor darah. Bukan hanya untuk kesehatan tubuh sendiri tapi juga untuk membantu orang lain, nggak perlu dihubungi ada perlu darah baru ke PMI. Tapi bagaimana donor jadi aktivitas rutin yang menyehatkan,” tambahnya.

Menariknya lagi, RDDB juga memberikan apresiasi khusus pada pendonor di momen tanggal 7 Agustus nanti. Sebanyak 100 orang pendonor pertama yang berhasil donor, baik donor konvensional atau plasma akan mendapatkan souvenir menarik tambahan.

“Insya Allah ada souvenir tambahan untuk 100 orang pertama yang sukses donor. Mudah-mudahan Balikpapan segera lepas dari pandemi covid dan kebutuhan darah selalu ada stoknya karena paradigma soal donor darah semakin membaik,” tutup Rudi. (sop/tan)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.