Atasi Hackers, Departemen Luar Negeri Amerika Serikat Bentuk Biro Siber

Tun MZ

Washington DC, helloborneo.com – Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) berencana membentuk sebuah biro khusus untuk mengatasi isu dunia maya dan kebijakan digital di tengah-tengah semakin besarnya masalah peretasan yang terjadi, khususnya lonjakan dalam serangan ransomware terhadap infrastruktur AS.

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS Ned Price mengatakan, seorang duta besar luar biasa yang dikonfirmasi oleh Senat akan memimpin biro tersebut.

Peretas telah menyerang berbagai bisnis AS tahun ini. Salah satunya adalah serangan terhadap operator pipa minyak, Colonial Pipeline, yang mengakibatkan berkurangnya pasokan bahan bakar sementara di wilayah timur AS. Peretas juga menyasar sebuah perusahaan pertanian yang berbasis di Iowa, sehingga memicu kekhawatiran akan adanya gangguan pada panen tanaman biji-bijian di area Midwest.

Dua minggu yang lalu, Departemen Keuangan AS mengatakan pembayaran ransomware atau tebusan senilai $590 juta telah dibuat dalam enam bulan pertama pada tahun ini. Hal ini menyebabkan industri mata uang kripto disiagakan sesuai dengan perannya untuk memerangi serangan ransomware seperti ini. (voa/tan)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.