Kinerja Tiga Perusda Kabupaten Penajam Bakal Dievaluasi

ES Yulianto

Kepala Bagian Perekonomian Sekretariat Kabupaten Penajam Paser Utara, Durajat.

Penajam, helloborneo.com – Kinerja tiga Perusahaan Umum Daerah atau Perumda Kabupaten Penajam Paser Utara, bakal diveluasi di antaranya menyangkut pengelolaan penyertaan modal dan keuntungan yang diberikan kepada kabupaten setempat.

“Evaluasi kinerja tiga Perumda akan dilakukan pada bulan ini (Januari 2022),” ujar Kepala Bagian Perekonomian Sekretariat Kabupaten Penajam Paser Utara, Durajat ketika ditemui helloborneo.com di Penajam, Jumat.

Beberapa catatan terkait dengan kinerja tiga Perumda Kabupaten Penajam Paser Utara telah torehkan oleh Kepala Bagian Perekonomian Sekretariat Kabupaten Penajam Paser Utara Durajat dalam rangka evaluasi.

Perumda Benuo Taka Kabupaten Penajam Paser Utara menurut dia, yakni untuk pendistribusian air bersih melalui pipa harus mengutamakan daerah yang kesulitan air bersih seperti di Desa Babulu Laut.

“Walaupun ada layanan di satu kecamatan belum yakni di Desa Babulu Laut. Fokuskan ke daerah yang sulit air seperti Desa Babulu Laut, dan di Desa Gunung intan kurangi SR (sambungan rumah) karena tanah dibor airnya sudah bagus, harus memprioritaskan daerah yang kesulitan air,” jelasnya.

Catatan Perumda Benuo Taka Energi tinggal menunggu keputusan dari pemerintah provinsi terkait bagi hasil migas atau participating Interest 10 persen, dan Perumda Benuo Taka masih banyak sorotan yang sulit diutarakan seperti kekosongan Dewas (dewan pengawas).

“Kalau untuk PBTE Pi 10 persen belum diterima pertengahan Desember 2021 karena menunggu keputusan. Kalau untuk Perumda Benuo Taka banyak sorotan apalagi saat ini tidak ada Dewas tapi kami sudah buat telaahan staf kepada pak Bupati,” ungkapnya.

Dari beberapa catatan evaluasi tersebut yang paling penting yakni, terkait pengelolaan anggaran penyertaan modal, di mana dDari penyertaan modal harusnya memberikan kontribusi yang positif terhadap Kabupaten Penajam Paser Utara.

“Karena menggunakan uang negara harus dimintai pertanggungjawaban. Bulan Februari 2022 juga semua Perumda diperiksa Badan Pemeriksa Keuangan atau BPK dengan diberikan penyertaan modal apa yang diberikan untuk pemerintah,” kata dia. (bp/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.