Bawaslu Kabupaten PPU Upaya Jaga Pilkada Adil dan Transparan

Bagus Purwa

Dokumentasi Pencoblosan. (Dok)

Penajam, helloborneo.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Penajam Paser Utara, melakukan upaya menjaga pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) dapat terlaksana secara jujur, adil dan transparan.

“Kami berupaya jaga pemilihan bupati dan wakil bupati yang akan digelar November 2024 berjalan jujur, adil dan transparan,” ujar Ketua Bawaslu Kabupaten Penajam Paser Utara Mohammad Khazin di Penajam.

Bawaslu Kabupaten Penajam Paser Utara tengah menyiapkan posko pengaduan, sebagai tempat bagi masyarakat yang ingin melaporkan temuan pelanggaran terhadap pelayanan pemilihan bupati dan wakil bupati di daerah berjuluk Benuo Taka itu.

“Aduan dari masyarakat yang masuk akan disampaikan langsung kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Penajam Paser Utara,” jelasnya.

Sejumlah langkah juga dilakukan untuk menjaga pilkada terlaksana jujur, adil dan transparan, lanjut dia, yaitu selalu melakukan imbauan kepada penyelenggara pemilihan kepala daerah.

“Kemudian secara rutin memberikan imbauan terhadap netralitas ASN, TNI dan Polri,” tambahnya.

Sejumlah tindakan yang juga telah dilakukan dalam menjaga pilkada yang jujur, adil dan transparan, kata dia pula, di antaranya pengawasan perekrutan Badan Adhoc yang dilakukan KPU Kabupaten Penajam Paser Utara.

Bawaslu Kabupaten Penajam Paser Utara melakukan pengawasan pada proses tahapan pemenuhan persyaratan calon perseorangan atau independen.

Selain netralitas ASN, TNI dan Polri, serta netralitas birokrasi masih ada politik uang , menurut Mohammad Khazin, perlu diantisipasi karena kepentingan di daerah terhadap kepemimpinan yang akan terpilih itu sangat tinggi.

Bukan hanya Bawaslu, tetapi menjadi tanggung jawab semua pihak guna memastikan persiapan hingga proses tahapan pilkada bisa berjalan sesuai perundang-undangan dan asas pemilu.

Dengan demikian, pilkada yang jujur, adil dan transparan, serta memberikan kepastian hukum bagi semua pihak bisa diwujudkan secara bersama-sama. (log)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.