DPRD PPU Koordinasi Kejaksaan Dampingi Bantuan Kementerian PUPR

Bagus Purwa

Ketua Komisi I DPRD Kabupaten PPU Andi Yusuf. (Ist)
Ketua Komisi I DPRD Kabupaten PPU Andi Yusuf. (Ist)

Penajam, helloborneo.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Penajam Paser Utara, melakukan koordinasi dengan Kejaksaan Negeri setempat untuk melakukan pendampingan pembangunan fasilitas daur ulang sampah bantuan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Kami apresiasi Kementerian PUPR berikan bantuan pembangunan fasilitas daur ulang sampah,” ujar Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara itu di Penajam.

Pembangunan fasilitas daur ulang sampah bantuan Kementerian PUPR berupa tempat pengelolaan sampah terpadu, lanjut dia, sebagai bentuk komitmen pemerintah pusat menjadikan kabupaten sebagai daerah mitra Ibu Kota Nusantara (IKN) yang ramah lingkungan.

“Agar pembangunan tidak mengalami hambatan dan terealisasi, DPRD koordinasi dengan Kejaksaan Negeri untuk lakukan pendampingan,” tambahnya.

Pembangunan fasilitas daur ulang sampah berupa tempat pengolahan sampah terpadu itu, membantu sektor persampahan di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Tempat pengelolaan sampah terpadu diharapkan dilengkapi dengan pengelolaan pupuk organik, kata dia, untuk ketersediaan pupuk non-kimia bagi para petani di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Selain mengurangi penumpukan sampah, tempat pengolahan sampah terpadu juga dapat memproduksi pupuk organik dari sampah rumah tangga dan industri.

“Kalau tempat pengolahan sampah terpadu dilengkapi produksi pupuk organik bisa kurangi masalah limbah,” jelas Andi Muhammad Yusuf

Pembangunan tempat pengelolaan sampah terpadu sejalan dengan program bank sampah yang tersebar di sejumlah wilayah, ia menimpali lagi,untuk menekan volume sampah di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Bank sampah binaan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Penajam Paser Utara itu termasuk bank sampah yang aktif dalam pengelolaan sampah rumah tangga.

Pemerintah kabupaten mendukung bank sampah, dengan memberikan sejumlah fasilitas yang dibutuhkan untuk menjalankan program bank sampah. (adv/kmf)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.