Pangdam VI Mulawarman : Ada 405 Blang Pos di Perbatasan

Bagus Purwa

TNI Siap Menjaga Perbatasan (Humas – Pemkab PPU)

TNI Siap Menjaga Perbatasan (Humas – Pemkab PPU)

Penajam, helloborneo.com – Disepanjang wilyah perbatasan mulai dari Malinau sampai Kutai Barat, Kalimantan Timur masih terdapat 405 blang pos perbatasan atau tidak terdapat pos penjagaan perbatasan Indonesia-Malaysia, ungkap Panglima Daerah Militer (Pangdam) VI Mulawarman, Mayjend TNI Benny Indra Pujihastono.

“Kami melihat maish melihat ada sekitar 405 blang pos perbatasan di wilayah Malinau sampai Kutai Barat, karena kondisi geografis yang sangat ekstrim, ada ngarai dan sungai tidak seperti di wilayah Seabatik, Nunukan. Sehingga tidak memungkinkan menenpatkan pasukan,” jelas Pangdam Benny Indra Pujihastono.

Kodam VI Mulawarman, kata Pangdam, bertanggung jawab mengawasi perbatasan sepanjang 1.038 kilometer dari timur laut ke barat daya perbatasan dengan negara bagian Sabah dan Serawak, dua negara federasi Malaysia.

Untuk peningkatan penjagaan perbatasan mulai wilayah Malinau sampai Kutai Barat tersebut, lanjut Benny Indra Pujihastono, Kodam Vi Mulawarman saat ini menempatkan dua Batalyon serta melakukan penambahan 1.000 personil di wilayah Malinau.

“Tambahan penjaga perbatasan kami lakukan penebalan 1.000 personil terhadap dua Batalyon yang sudah ada, dibantu satuan tugas (satgas) teritorial dari Kodim Malinau, Kodim Nunukan dan Kodim Kutai Barat,” ujar Panglima.

Selain itu, untuk penjagaan perbatasan dititik-titik tertentu, meminimalisir blang pos di wilayah Malinau sampai Kutai Barat tersebut, kata Benny Indra Pujihastono, Kodam VI Mulawarman membangun 7 pos perbatasan tambahan ditahun 2015 ini.

“Akhir 2015 ini harus sudah berdiri 7 pos perbatasan baru, dari 33 pos perbatasan yang ada menjadi 40 pos perbatasan dan 2016 harus berdiri 10 pos perbatasan baru sehingga akhir 2016 akan ada 50 pos perbatasan yang tersebar di wliayah perbatasan itu,” ungkap Pangdam.

Biaya pembangunan pos perbatasan tersebut, tambah Benny Indra Pujihastono, seluruhnya berasal dari anggaran Kemementerian Pertahanan dari APBN. Dan pada masing-masing pos perbatasan rata-rata berkekuatan 15-20 personil yang siaga 24 jam.(log)

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.