Dishubbudpar Penajam Tertibkan Trayek Angkutan Umum

Suherman

 

Penajam, helloborneo-com – Dinas Perhubungan, Kebudayaan dan Pariwisata (Dishubbudpar) Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, akan melakukan penertiban trayek angkutan umum yang dinilai selama ini belum maksimal.

“Ketentuan trayek ini sudah ada, tapi pengemudi angkutan umum belum melalui jalur yang sudah tercantum dalam trayek itu, alasannya jalur yang dilalui sepi penumpang,” ungkap Kabid Perhubungan Darat Dishubbudpar Kabupaten Penajam Paser Utara, Buhadi, di Penajam, Jumat.

Dishubbudpar Kabupaten Penajam Paser Utara, lanjutnya, akan melakukan kajian terhadap trayek angkutan perdesaan (angdes) serta angkutan kota (angkot). Dan melakukan penertiban trayek angkutan umum tersebut agar lebih tertata.

“Jalur yang sebenarnya harus dilalui pengemudi angkot dan angdes belum maksimal, dimana para pengemudi angkutan umum tidak melalui jalur yang harusnya dilalui,” ujar Buhadi.

Untuk memaksimalkan trayek angkutan umum tersebut, kata dia, Bidang Perhubungan Darat melalui pengawasan jalan akan memberlakukan sistem bergilir terhadap angkutan umum, dan mendirikan pos pengawasan jalan.

Pos pengawasan jalan tersebut, tambah Buhadi, didirikan dibeberapa titik trayek yang jarang dilalui oleh pengemudi angkutan umum, sehingga dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat pengguna angkutan umum dijalan tersebut.

“Kami masih melakukan penataan trayek, sehingga masyarakat pengguna angkutan umum dapat terlayani dengan baik. Untuk ketentuan tarif nanti akan dibicarakan lagi,” ujarnya. (bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.