Penajam Siapkan Program Unggulan Ikuti Sinovik 2016

AH Ari B

 

Plt Sekretaris Daerah Kab PPU, Drs H Tohar MM

Plt Sekretaris Daerah Kab PPU, Drs H Tohar MM

Penajam, helloborneo.com – Pemerintah Kabupaten Paser Utara, Kalimantan Timur, menyiapkan program unggulan inovasi pelayanan publik untuk diikutsertakan pada ajang kompetisi inovasi publik (Sinovik) 2016.

“Unit Pelayanan Teknis Pekerjaan Umum (UPT PU) Kecamatan berhasil masuk Top 99 Sinovik 2015, itu motivasi kami ciptakan inovsi barudan target mengikutkan minimal dua program unggulan dalam Sinovik 2016,” Jelas Pelaksana tugas Sekretaris Kabupaten Penajam Paser Utara, Tohar, di Penajam, Kamis.

Dua program unggulan tersebut, lanjut dia, pelayanan administrasi ketenagakerjaan satu hari selesai, di Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Disosnaker), serta aplikasi pengelolaan keuangan di Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD).

“Aplikasi program ketenagakerjaan satu hari selesai dan pengeloaan keuangan sudah berjalan, hanya perlu dievaluasi. Dua program itu akan jadi unggulan untuk dikutkan Sinovik 2016,” ujar Tohar.

Selain dua program unggulan tersebut, kata dia, Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara juga akan mengikutkan program stasiun pengolahan air bersih atau “water treatment plan” (WTP) disetiap kelurahan serta pengadaan mobil ambulan di kelurahan/desa dalam ajang Sinovik 2016.

Menurut Tohar, setiap kabupaten/kota diwajibkan mengirimkan minimal satu program unggulan untuk mengikuti kompetisi inovasi pelayanan publik atau Sinovik yang digelar oleh Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) setiap tahun tersebut.

“Kami juga memina setiap satuan kerja perangkat daerah (SKPD) untuk membuat satu terobosan terkait dengan pelayanan yang dapat dijadikan unggulan lainnya,” jelasnya.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, tambah Tohar, akan menyeleksi program inovasi setiap SKPD terkait pelayanan publik tersebut. Pemerintah telah membentuk tim untuk melakukan seleksi dan evaluasi terhadap program inovasi yang dibuat SKPD. (bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.