Pompa Air Ratusan Juta di Sepaku Tidak Berfungsi

Suherman

 

Pompa Air Tanpa Motor (PATM) di Desa Tengin Baru Mangkrak

Pompa Air Tanpa Motor (PATM) di Desa Tengin Baru Mangkrak

Penajam, helloborneo.com – Pompa Air Tanpa Motor (PATM) yang menghabiskan anggaran ratusan juta dari pemerintah pusat di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, mangkrak atau terbengkalai karena tidak berfungsi.

“PTAM di dua lokasi, yaitu Desa Tengin Baru dan Desa Karanjinawi Kecamatan Sepaku itu terbengkalai atau mangkrak karena tidak bisa berfungsi,” jelas Camat Sepaku Risman Abdul, di Penajam, Kamis.

Proyek PATM tersebut, kata dia, memiliki nilai guna tinggi karena mampu mengalirkan air secara terus menerus sehingga sangat bermanfaat bagi masyarakat, namun kedua PATM itu tidak berfungsi dan pemerintah kecamatan tidak pernah mengetahui ada proyek pompa air tersebut.

“Pihak kecamatan tidak pernah tahu ada proyek tersebut, yang kami tahu sekarang pompa air itu tidak bisa berfungsi,” kata Risman Abdul.

Menurutnya, Proyek PATM tersebut sudah ada sejak lama, dan keberadaannya tidak pernah dilaporkan kepada pihak kecamatan sehingga sampai sekarang belum pernah diserahterimakan ke pemerintah setempat.

“Pembangunan PATM itu ada sebelum saya menjabat sebagai camat di Sepaku. Saya menyayangkan proyek ratusan juta dari pusat melalui Dinas Pekerjaan Umum itu mangkrak dan terbengkalai dan dibiarkan begitu saja sampai saat ini,” ujar Risman Abdul.

“Padahal PATM sangat unik karena memiliki kekuatan tekanan air secara alamiah sehingga tidak membutuhkan bahan bakar dan sangat bermanfaat pengadaan air untuk kebutuhan masyarakat,” jelasnya.

Pompa Air Tanpa Motor atau PATM, Tambah Risman Abdul, merupakan suatu alat yang digunakan untuk memompa atau menaikkan air dari tempat rendah ke tempat yang lebih tinggi, dengan cara kerja yang sederhana dan efektif sesuai dengan persyaratan teknis dan operasionalnya. (bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.