Wow, Proyek “Water Front City” Penajam Butuh Rp380 Miliar

Suherman

Penajam helloborneo.com – Proyek pembangunan “Water Front City” sebagai pengembangan kawasan pesisir, kata Kepala Tim “Water Front City” Kabupaten Penajam Paser Utara, KalimantanTimur, Andi Siswanto, membutuhkan anggaran mencapai Rp380 miliar.

“Pembiayaan pengembangan wilayah pesisir untuk rumah dinas, pendopo, “guesthouse” dan ruang rapat, kolam renang serta taman rakyat, hotel, dermaga, perkantoran terpadu, infrastruktur kawasan dan “site development” sampai Rp380 miliar,” ungkap Andi Siswanto pada pemaparan “3D View Water Front City” di Penajam, Jumat.

Perkiraan anggaran yang mencapai Rp380 miliar tersebut menurutnya, untuk pembangunan rumah dinas diperkirakan Rp17 miliar, “guesthouse dan ruang rapat Rp23 miliar, pendopo Rp8 miliar serta taman rakyat Rp25 miliar.

Sedangkan untuk pembangunan kolam renang, lanjut Andi Siswanto, sekisar Rp13 miliar, kantor terpadu Rp123 miliar, hotel Rp120 miliar, dermaga 10 miliar, infrastruktur kawasan Rp50 miliar serta biaya “site development” Rp50 miliar.

Selain itu “Water Front City” kata dia, dilengkapi juga alun-alun dan rumah adat etam. Rencana terdekat adalah pembangunan perkantoran terpadu dan ruang rapat untuk menfasilitasi pertemuan serta untuk penanganan transportasi akan segera dibangun pelabuhan pariwisata yang menghubungkan Penajam dan Balikpapan yang dilengkapi tempat makanan dan minuman.

Sementara Bupati Penajam Paser Utara, Yusran Aspar mengharapkan estimasi rencana pembiayaan anggaran biaya “Water Front City” tersebut segera diselesaikan sehingga dapat dimasukan dalam plafon anggaran rencana kerja 2016.

“Saya meminta agar pembiayaan pengembangan wilayah pesisir itu, dapat dikelompokan sepertu kelompok hotel, kelompok “guesthouse”, dan kelompok rumah jabatan,” ujar bupati.

Yusran Aspar meminta Dinas Pekerjaan Umum setempat untuk melakukan konsultasi dan memberikan masukan terkait beberapa penanganan agar cepat selesai, karena jika dilakukan dengan satu penanganan dikhawatirkan tidak terselesaikan. (bp/*log)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.