Tohar : Tidak Ada Perusahaan di Penajam Bakar Lahan

AH Ari B

 

 

Plt Sekretaris Daerah Kab PPU, Drs H Tohar MM (Bagus Purwa – Hello Borneo)

Plt Sekretaris Daerah Kab PPU, Drs H Tohar MM (Bagus Purwa – Hello Borneo)

Penajam, helloborneo.com – Pelaksana Tugas Sekretariat Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Tohar menyatakan tidak ada perusahaan di wilayah setempat melakukan pembakaran lahan dan hutan.

“Tidak ada perusahaan yang melakukan pembakaran hutan dan lahan secara sengaja, kecuali terimbas dari kegiatan pembukaan ladang yang dilakukan masyarakat sekitar,” tegas Tohar di Penajam, Kamis.

Terkait dengan salah satu perusahaan yang terindikasi melakukan pembakaran lahan dan hutan yang diberi sanksi oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menurutnya, secara kebetulan bersamaan dengan kegiatan monitoring yang dilakukan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, kata Tohar, belum menerima surat tembusan dari pemerintah pusat terkait permasalahan tersebut, namun pemerintah daerah meminta perusahaan yang bersangkutan bersikap pro akatif.

“Perusahaan kami minta membuat sekat bakar untuk mensiasati kebekaran agar tidak merembet ke wilayaj perusahaan,” katanya.

Sebelumnya Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya menyebut ada sekitar 139 sampai 147 perusahaan di Indonesia yang menjadi target pemeriksaan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan karena terindikasi melakukan pembakaran lahan dengan sengaja

Dimana salah satunya perusahaan yang beroperasi di wilayah Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, yakni PT ITCI Hutani Manunggal. (bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.