Penajam Terus Benahi Infrastruktur Jalan

Subur Priono – Humas Setkab Penajam Paser Utara

 

Proyek perbaikan infrastruktur jalan di Kabupaten Penajam Paser Utara untuk memperlancar akses transportasi warga. (Subur Priono - Humas Setkab Penajam Paser Utara)

Proyek perbaikan infrastruktur jalan di Kabupaten Penajam Paser Utara untuk memperlancar akses transportasi warga. (Subur Priono – Humas Setkab Penajam Paser Utara)

Penajam, helloborneo.com – Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, terus membenahi berbagai infrastruktur, terutama jalan sebagai faktor utama dalam mendukung kemajuan daerah.

Wakil Bupati Penajam Paser Utara Mustaqim MZ di Penajam, Rabu, mengemukakan jika suatu wilayah atau daerah tidak ditunjang dengan infrastruktur jalan yang baik, dipastikan kemajuan daerah tersebut akan terhambat. Sebaliknya, jika infrastruktur jalannya bagus, daerah itu akan lebih cepat berkembang.

“Infrastruktur jalan yang kurang baik dampaknya bisa memunculkan berbagai macam persoalan, misalnya masyarakat kesulitan mendistribusikan hasil usahanya, kemudian masyarakat luar juga terkendala bila ingin berinvestasi, sehingga menjadi kendala bagi kemajuan daerah itu,” ujarnya.

Belum lagi akibat dari kerusakan jalan akan muncul banyak persoalan bagi masyarakat, seperti kerusakan kendaraan yang digunakan sehari-hari akibat kondisi jalan yang kurang baik.

Menurut Mustaqim, Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara saat ini dan ke depan terus melakukan perbaikan di berbagai sektor pembangunan, salah satunya infrastruktur jalan hingga wilayah perdesaan.

Upaya perbaikan jalan telah dilakukan pemerintah daerah melalui UPT PU (unit peleksana teknis pekerjaan umum) Kecamatan dan sejauh ini hasilnya sangat menggembirakan, karena ratusan kilometer jalan baru dan perbaikan jalan lama telah terbangun untuk masyarakat.

“Langkah ini dilakukan pemerintah daerah untuk mempermudah kegiatan-kegiatan masyarakat hingga perdesaan, sehingga pada akhirnya akan memberikan dampak positif bagi percepatan pembangunan dan kemajuan suatu wilayah atau daerah tersebut di Penajam Paser Utara,” katanya.

Namun, lanjut Mustaqim, kemajuan suatu daerah tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah daerah, tetapi juga seluruh masyarakat.

“Peran masyarakat dalam hal ini sangat membantu bagi kemajuan daerah. Misalnya jika masyarakat membutuhkan sebuah infrastruktur di lingkungan mereka, sebut saja jembatan penghubung, tidak harus menunggu pemerintah turun tangan. Masyarakat atau kelompok masyarakat harus bisa berinisiatif melalui gotong royong,” jelasnya.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, tambah Mustaqim, merasa bersyukur karena sejumlah infrastruktur jalan poros negara yang melintasi daerah setempat hingga Kecamatan Babulu telah diperbaiki dan kondisinya cukup bagus. (adv/bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.