Gerhana Matahari Total Dapat Disaksikan Dari Penajam

Suherman

Penajam, helloborneo.com – Gerhana matahari total yang diperkirakan oleh Badan Metereologi dan Geofisika (BMG) akan terjadi pada 9 Maret 2016 dapat disaksikan dari Pantai Nipah-Nipah, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

“Untuk wilayah Kalimantan Timur, gerhana matahari total tersebut dapat disaksikan dari Pantai Manggar, Kota Balikpapan dan Pantai Nipah-nipah, Kabupaten Penajam Paser Utara sekitar pukul 08.00 Wita,” kata Kabid Budaya dan Pariwisata, Dinas Perhubungan Kebudayaan Pariwisata dan Komunikasi Informasi Kabupaten Penajam Paser Utara, Darmawan, saat dihubungi di Penajam, Kamis.

Berdasarkan hasil rapat koordinasi dengan “Pacific Asia Travel Association” (PATA) dengan kabupaten/kota yang dilalui gerhana matahari total pada 2015 lalu, lanjut dia, fenomena alam yang terjadi dalam 400 tahun sekali tersebut akan dijadikan sebagai promosi pariwisata daerah.

“PATA mengimbau setiap kabupaten/kota yang dilintasi, termasuk Kabupaten Penajam Paser Utara untuk siap menerima kujungan wisatawan, baik wistawan lokal, nasional maupun internasional,” ujar Darmawan.

“Dua lokasi di wilayah Kalimantan Timur yang dtunjuk sebagai pusat menyaksikan gerhana matahari total itu, yakni Kabupaten Panajam Paser Utara dan Kota Balikpapan akan dikoordinasikan kembali agar persiapan lebih matang,” katanya.

Darmawan memperkirakan, gerhana matahari total yang terjadi bertepatan dengan hari jadi ke-14 Kabupaten Penajam Paser Utara tersebut akan dibanjiri wisatawan, baik wistawan lokal, nasional mauoun internasional.

“Kami tengah menyusun persiapan promosi daerah dengan sederhana dan elegan. Kami harapkan peristiwa gerhana matahari total yang baru berusia 14 tahun itu akan menjadi peluang mendongkrak pariwisata daerah,” jelasnya. (bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.