ADD Dapat Dukung Kegiatan UPT-PU Kecamatan

Iskandar – Humas Setkab Penajam Paser Utara

Kepala Bidang Pembangunan Desa dan Kelurahan Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa Kabupaten Penajam Paser Utara, Margono Sutanto (Iskandar - Humas Setkab Penajam Paser Utara)

Kepala Bidang Pembangunan Desa dan Kelurahan Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa Kabupaten Penajam Paser Utara, Margono Sutanto (Iskandar – Humas Setkab Penajam Paser Utara)

Penajam, halloborneo.com – Anggaran Dana Desa (ADD) 2016 dapat mendukung kegiatan Unit Pelaksana Teknis Pekerjaan Umum atau UPT-PU Kecamatan, kata Kepala Bidang Pembangunan Desa dan Kelurahan Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Margono Sutanto.

“APBD 2016 menganggarkan Rp77 miliar untuk ADD, kemudian Kementerian Desa melalui APBN terkait dengan program Presiden RI Joko Widodo menggelontorkan Rp1 miliar per desa,” kata Margono Sutanto, saat dihubungi di Penajam, Rabu.

Alokasi ADD pada 2016 itu menurut dia, diperuntukkan bagi 30 desa yang tersebar di empat kecamatan, dan diharapkan bisa mendukung pembangunan desa melalui UPT-PU Kecamatan sesuai dengan visi misi pemerintah daerah.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, lanjut Margono Sutanto, meminta setiap desa menydiakan dana untuk mendukung UPT-PU Kecamatan, karena dengan terbatasnya keuangan daerah akibat dana bagi hasil sektor minyak dan gas bumi (migas) dari pemerintah pusat berkurang,

“Setiap desa bisa anggarkan untuk bahan bakar alat berat UPT-PU Kecamatan. material dan lainnya dan APBDes (anggaran pendapatan dan belanja desa) juga dapat mendukung pengoperasian ambulans desa,” jelasnya.

Penggunaan ADD yang dibagikan ke setiap desa tersebut kata Margono Sutanto, difokuskan untuk peningkatan pembangunan dan pembenahan infrastruktur serta pemberdayaan masyarakat di masing-masing desa.

Selain itu tambahnya, ADD juga untuk mendukung Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes mengembangkan unit usaha baru dan mengembangkan LPD (lembaga perkreditan desa) yang sedang berjalan.

“Desa akan terus dibina dengan dukungan ADD, sehingga setiap desa yang tersebar di Kabupaten Penajam Paser Utara, terus membangun dan menjadi desa mandiri,” ujar Margono Sutanto. (adv/bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.