Penajam Bentuk BULD Atasi Krisis Listrik

AH Ari B

 

Bupati Penajam Paser Utara, Yusran Aspar (AH Ari B - Hello Borneo)

Bupati Penajam Paser Utara, Yusran Aspar (AH Ari B – Hello Borneo)

 

Penajam, halloborneo.com – Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, berencana membentuk Badan Usaha Listrik Daerah (BULD) untuk mengatasi kiris listrik yang terjadi di daerah itu.

“Seringnya terjadi pemadaman listrik tentunya menjadi perhatian serius Pemerintah Kabupaten Penajam Paser. Kami akan mencari berbagai solusi agar krisis listrik yang terjadi di daerah ini bisa diatasi, termasuk wacana pembentukan BULD,” ujar Bupati Penajam Paser Utara, Yusran Aspar, saat dihubungi di Penajam, Sabtu.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, menurut Yusran Aspar, mewacanakan membentuk BULD tersebut, jika jaringan listrik interkoneksi Kariangau tidak kunjung tersalurkan ke wilayah Penajam Paser Utara.

Selain itu Yusran Aspar menyatakan, sudah ada tiga dukungan proyek kelistrikan dari dalam negeri untuk membantu menangani permasalahan listrik, dua dukungan proyek kelistrikan tersebut di antaranya dari perusahaan pertambangan dan Biomas.

“Tiga dukungan proyek listrik dari perusahaan itu masing-masing akan memiliki program kelistrikan sebesar 2×125 MW (megawatt),” ungkapnya.

Untuk Biomas memiliki peluang lebih besar karena merupakan program kelistrikan ramah lingkungan. Namun demikian tambah Yusran Aspar, ketiga proyek listrik tersebut memerlukan waktu yang cukup panjang mengingat birokrasi perizinan yang cukup rumit.

“Izin proyek pembangunan kelistrikan di daerah cukup sulit dan memerlukan waktu lama, karena selain harus mendapat rekomendasi dari pemerintah kabupaten dan provinsi juga diperlukan persetujuan PLN (perusahaan listrik negara) pusat,” jelasnya.

“Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, akan terus berupaya mencari alternatif sebagai solusi mengatasi permasalahan listrik tersebut,” ujar Bupati Yusran Aspar. (adv/bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.