Balikpapan Gelar Atraksi Budaya Gerhana Matahari Total

Bagus Purwa

 

Balikpapan, helloborneo.com – Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Budaya Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, akan memanfaatkan gerhana matahari total pada 9 Maret 2016 untuk menggelar atraksi budaya.

“Gerhana matahari total tahun ini melewati Balikpapan. Kami akan manfaatkan dengan menggelar atraksi budaya dan kegiatan lainnya,” kata Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Budaya Kota Balikpapan Oemy Facesli saat dihubungi di Balikpapan, Jumat.

Menurut dia, ada dua lokasi di Balikpapan yang dapat menyaksikan fenomena gerhana matahari total tersebut yakni lapangan Merdeka dan Pantai Manggar.

“Kami akan adakan kegiatan di dua tempat untuk menyambut fenomena gerhana matahari itu. Di lapangan Merdeka, kami gelar atraksi budaya bekerja sama dengan on Hesher Balikpapan,” jelas Oemy Facesli.

Sedangkan di Pantai Manggar, selain menggelar pesta laut, Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Budaya Kota Balikpapan juga akan mengadakan lomba perahu hias dan perahu naga.

“Kami bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata untuk menggelar kuliner berbahan ikan dan minuman khas Balikpapan, serta makan 2.119 mantau bekerja sama dengan Bahana Surya hotel,” kata Oemy Facesli.

Fenomena langka tersebut, tambahnya, akan dijadikan momen untuk menarik wisatawan serta mempromosikan pariwisata di Kota Balikpapan, dimana hingga saat ini tingkat keterisian atau okupansi hotel di Balikpapan sudah mencapai 85 persen.

“Sampai pekan kemarin keterisian hotel di Balikpapan mencapai 85 persen, mereka menginap rata-rata mulai tanggal 8 sampai 10 Maret 2016 untuk menyaksikan gerhana matahari total.

Fenomena gerhana matahari total pernah terjadi di Indonesia pada 11 Juni 1983. Tahun ini (2016) gerhana matahari tersebut akan melintasi Palembang, Belitung, Bangka, Sampit, Palangkaraya, Balikpapan, Penajam Paser Utara, Palu, Poso, Luwuk, Ternate dan Halmahera. (bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.