Distanak Penajam: Bantuan Sapi Tunggu Proses Lelang

AH Ari B

 

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Penajam Paser Utara, Arief Murdiyatno (AH Ari B - Hello Borneo)

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Penajam Paser Utara, Arief Murdiyatno (AH Ari B – Hello Borneo)

Penajam, helloborneo.com – Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Arief Murdiyatno mengatakan, penyaluran bantuan sapi “brahman cross” tahap kedua masih menunggu proses lelang.

“Bantuan sapi tahap kedua akan disalurkan ke masing-masing daerah menunggu proses lelang di pemerintah pusat selesai,” kata Arief Murdiyatno, saat ditemui helloborneo.com di Penajam, Selasa.

Kabupaten Penajam Paser Utara lanjut dia, telah menerima sapi ternak jenis “brahman cross” dari Australia, bantuan dari pemerintah pusat tersebut sebanyak 713 ekor pada 2015.

“Sapi bantuan tahap pertama dari pemerintah pusat itu disalurkan kepada 15 kelompok petani sawit yang telah lolos seleksi dan memenuhi persyaratan pada Novembar 2015,” ujarnya.

Total bantuan sapi ternak yang didapatkan Kabupaten Penajam Paser Utara dari pemerintah pusat tersebut sebanyak 1.200 ekor, sehingga pada tahap kedua akan menerima sebanyak 450 ekor.

“Diprediksi bantuan sapi ternak dari pemerintah pusat itu mulai disalurkan pada Oktober atau Novembar 2016,” ucap Arief Murdiyatno.

Total kelompok petani sawit yang telah lolos seleksi penerima sapi sapi ternak jenis “brahman cross” dari Australia tersebut sebanyak 24 kelompok yang ada di Kecamatan Babulu dan Sepaku.

Arief Murdiyatno berharap, bantuan sapi ternak jenis “brahman cross” tersebut dapat meningkatkan populasi sapi lokal di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Pada tahun ini (2016) Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara tambahnya, menargetkan peningkatan populasi ternak sapi di daerah itu bisa mencapai 18.000 ekor. (bp/*rol)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.