Generasi Muda Penajam Mulai Lirik Hidroponik

MR Saputra

 

Pakchoy dari hidroponik anak muda Kabupaten Penajam Paser Utara. (Ist)

Pakchoy dari hidroponik anak muda Kabupaten Penajam Paser Utara. (Ist)

Penajam, helloborneo.com – Teknik penanaman tanpa mengunakan tanah dan mengutamakan pemberian nutrisi atau yang lebih dikenal Hidroponik, kini kian digandrungi masyarakat Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Bahkan banyak generasi muda di Benuo Taka yang memilih menjadi petani Hidroponik.

Yunias Yudhistira salah satu pemuda asal Kabupaten Penajam Paser Utara, kini mulai mengeluti dunia Hidroponik. Diakuinya hasil tanam dari Hidroponik memiliki kualitas dan kebersihan yang jauh dari hasil penanaman pertanian pada umumnya.

“Selain ekonomis, penggunaan lahan, penanaman dengan Hidroponik juga memiliki kualitas yang jauh lebih baik dari proses menanam mengunakan media tanah pada umumnya,” terang Yunias Yudhistira.

Namun sangat disayangkan meski penanam dengan mengunakan Hidroponik, memiliki kualitas yang baik. Kurangnya perhatian dari pemerintah untuk membantu distribusi menjadi kendala bagi para petani Hidroponik saat ini.

“Ya, kami berharap ada bantuan dari pemerintah untuk membantu mendistribusikan. Karena peluang untuk Hidroponik ini sangatlah besar, contohnya aja seperti Jakarta dan Bandung yang telah membuktikannya,” paparnya.

Terpisah Gamaliel Abymanyu, salah satu petani hidroponik lainnya mengatakan hal yang sama, besarnya potensi akan hasil Hidroponik terkendala minimnya perhatian dan distribusi.

“Saat ini kami hanya bisa berupaya untuk melakukan sosialisasi,” singkatnya. (mrs/rol)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *