Perusahaan di Penajam Diminta Perhatikan Pemukiman Warga

Bagus Purwa

Penajam, helloborneo.com – PT Balikpapan Wana Lestari dan PT Belantara Subur yang beroperasi di Kelurahan Sotek, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, diminta agar memperhatikan kondisi lingkungan pemukiman warga setempat.

Salah seorang Warga Kelurahan Sotek, Julfirman ketika ditemui helloborneo.com di Penajam, Selasa mengatakan PT Balikpapan Wana Lestari dan PT Belantara Subur kurang memperhatikan pemukiman dan jalan di wilayah Kelurahan Sotek.

“Sampai saat ini ketika musim hujan jalan licin dan pada musim kemarau jalan berdebu, tetapi dua perusahaan itu kurang merespon dengan kondisi jalan itu,” jelasnya.

Selain itu lanjut Julfirman, warga juga meminta kedua perusahaan tersebut memberikan kesempatan ternaga kerja lokal untuk bekerja di perusahaan.

“Warga berharap manajemen perusahaan mempekerjakan warga Sotek sesuai kemampuan yang dimiliki, tapi selama ini tenaga kerja lokal tidak jadi prioritas perusahaan,” ujarnya.

Menurut Julfirman, banyak masyarakat di wilayah Kelurahah Sotek masih berstatus pengangguran akibat sulitnya lapangan pekerjaan, namun selama ini tenaga kerja lokal tidak mendapatkan kesempatan bekerja di kedua perusahaan itu.

Lurah Sotek Zainal membenarkan, pimpinan kedua perusahaan selama ini kurang komunikatif dengan masyarakat sekitar, sehingga kurang memperhatikan kondisi lingkungan di sekitar lokasi perusahaan tersebut beroperasi.

Ia menjelaskan permintaan masyarakat Kelurahan Sotek, Kecamatan Penajam tersebut telah disampaikan kepada manajemen PT Balikpapan Wana Lestari dan PT Belantara Subur.

“Kami bersama warga telah berdialog dengan manajemen dua perusahaan itu terkait permintaan warga,” kata Zainal.
Beberapa usulan masyarakat tambahnya, langsung mendapat tanggapan positif dari pimpimnan PT Balikpapan Wana Lestari dan PT Belantara Subur.

“Kedua perusahaan itu berjanji akan mengakomodir keluhan warga Kelurahan Sotek, dan akan segera merealisasikannya,” ucap Zainal. (bp/*rol)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.