Wabup Penajam Berbagi Resep Untuk Seluruh Masyarakat

Subur Priono – Humas Setkab Penajam Paser Utara

 

Wakil Bupati Penajam Paser Utara, Mustaqim MZ (Dok Hello Borneo).

Wakil Bupati Penajam Paser Utara, Mustaqim MZ (Dok Hello Borneo).

Penajam, helloborneo.com – Diusianya yang tidak muda lagi, Wakil Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur, Mustaqim MZ, masih terlihat sehat dan bugar. Dalam aktifitas sehari-hari, tidak kalah gesit dengan mereka yang usianya jauh lebih muda. Pria kelahiran Boyolali 66 tahun silam ini ingin berbagi tips  sehat kepada seluruh masyarakat.

Saat ditemui diruang kerjanya Mustaqim MZ mengatakan, bahwa hidup sehat adalah dambaan semua orang. Namun pada kenyataannya masih banyak orang tidak dapat menikmati kesehatan itu dalam kehidupan sehari-hari dengan baik.

Untuk itu, dirinya mengajak seluruh masyarakat agar selalu menjaga kesehatan sejak dini,  mulai dari diri sendiri, keluarga hingga masyarakat luas, sebelum penyakit itu terlanjur  bersarang dalam tubuh seseorang.

Ia menuturkan, manusia hidup memiliki banyak kebutuhan yang haus dipenuhi baik kebutuhan pokok maupun kebutuhan tambahan lainnya. Kebutuhan  tersebut dipenuhi  tentunya harus timbul dari dalam diri sendiri tanpa ada paksaan dari siapapun disekelilingnya.

Menurutnya, manusia membutuhkan makan, minum, pakaian yang merupakan contoh kebutuhan pokok harus dipenuhi dalam kehidupan sehari-hari. Namun perlu diingat, kebutuhan lainnya sesungguhnya sangat banyak, seperti beribadah, olahraga untuk kesehatan, hiburan dan sebagainya,  yang sesungguhnya  juga harus dipenuhi tanpa ada paksaan dari diri dan orang lain.

Dirinya mengatakan, hidup sehat sebenarnya tidak mahal, jika seseorang mau melaksanakan dalam kehidupan sehari-hari. Olahraga teratur, jaga pola makan, istirahat yang cukup sesuai kebutuhan diri  yang dikerjakan tanpa ada paksaan orang lain itu sudah lebih dari cukup. Namun nyatanya, cara-cara mudah tersebut masih sulit dilaksanakan oleh sebagian orang.

Dikatakan dia,  setelah melaksanakan  sholat subuh, mungkin  sebagian besar orang masih tidur atau aktifitas lainnya. Namun tidak bagi dirinya. Waktu itu adalah saat yang sangat tepat digunakan berolahraga, yaitu dengan joging atau lari pagi menyusuri jalan diseputar kediamannya. Hal inipun telah dilakukannya sejak usianya masih muda.

Dalam melakukan lari pagi tersebut, Mustaqim juga mengajak orang-orang disekelilingnya, seperti personil Satpol PP yang bertugas dikediamannya atau rekan-rekannya.

“Olahraga ini murah dan tidak membutuhkan biaya tetapi hanya kemauan kita. Namun dengan olahraga ini, manfaatnya bagi tubuh sangat kita rasakan. Tubuh kita terasa sehat bugar. Inilah resep hidup sehat yang ingin saya bagi untuk seluruh masyarakat agar selalu sehat dan bugar sehari-hari,“ ujarnya.

“Marilah kita luangkan waktu untuk kesehatan tubuh kita sendiri, keluarga dan masyarakat. Sisikan waktu kita untuk berolahraga sehari-hari selain menjaga pola makan, istirahat cukup, beribadah dan lain-lain yang dikerjakan dari hati kita masing-masing tanpa ada paksaan dari siapapun, sehingga hasilpun dapat kita rasakan, “pungkasnya. (adv/rol)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.