Peserta MTQ Kaltim Mulai Berdatangan ke Penajam

AH Ari B

 

Verifikasi peserta MTQ ke-39 tingkat Kalimantan Timur yang digelar di Kabupaten Penajam Paser Utara (AH Ari B – Hello Borneo)

Penajam, helloborneo.com – Peserta Musabaqah Tilawatil Quran atau MTQ ke-39 tingkat Provinsi Kalimantan Timur, dari 10 kabupaten/kota mulai berdatangan ke Kabupaten Penajam Paser Utara sebagai tuan rumah, kata Wakil Ketua Tim Verifikasi MTQ Kaltim, Ahamd Nabhan.

 
“Sampai Sabtu siang, sudah ada tiga rombongan peserta MTQ yang datang dan melakukan verifikasi atau daftar ulang,” ujar Ahmad Nabhan ketika ditemui helloborneo.com di Penajam, Sabtu.

 

 

Rombongan peserta MTQ tingkat Provinsi Kaltim yang telah melakukan verifikasi atau daftar ulang tersebut, di antaranya rombongan peserta dari Kabupaten Kutai Timur, Mahakam Ulu dan tuan rumah Kabupaten Penajam Paser Utara.
Verifikasi peserta MTQ ke-39 tingkat Provinsi Kalimantan Timur yang tersebut dipusatkan di Islamic Center kilometer 9 Nipah-Nipah, Kecamatan Penajam.

 
Ahmad Nabhan yang juga sebagai Sekretaris Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran atau LPTQ Kaltim tersebut menjelaskan, kedatangan kafilah atau peserta MTQ Kaltim dari 10 kabupaten/kota dijadwalkan dalam dua tahap.
“Tahap pertama ditargetkan lima sampai enam rombongan peserta kabupaten/kota terdekat,” ucapnya.
Verifikasi peserta MTQ tingkat Provinsi Kaltim menurut Ahmad Nabhan, dilakukan berdasarkan ketentuan usia, tempat domisili, serta surat mandat dari kepala daerah.

 
“Masing-masing peserta MTQ Kaltim, juga diwajibkan membawa KTP (kartu tanda penduduk) atau kartu pelajar sebagai bukti,” ungkapnya.

 
Daftar ulang peserta MTQ ke-39 tingkat Provinsi Kaltim tersebut lanjut Ahmad Nabhan, untuk mencegah adanya kecurangan dari rombongan peserta yang membawa peserta dari luar kabupaten/kota masing-masing.

 
“Verifikasi peserta MTQ Kaltim dari 10 kabupaten/kota itu dilakukan selama dua hari, sampai Minggu (14/5) sore,” tambahnya.

 
Sementara sebagai tuan rumah penyelenggara MTQ ke-39 tingkat Provinsi Kalimantan Timur yang digelar 13-21 Mei 2017, Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara menyiapkan Masjid Agung sebagai arena utama, dan Islamic Center sebagai lokasi pameran.

 
Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, juga menyiapkan 22 rumah penduduk setempat untuk pemondokan peserta dan dewan hakim MTQ ke-39 tingkat Provinsi Kaltim.

 
Sebanyak 710 peserta akan mengikuti tujuh cabang lomba dan 39 kategori yang dipelombakan pada MTQ ke-39 tingkat Provinsi Kaltim tersebut. Cabang yang diperlombakan, yakni tilawah, tahfidz, rahmil Al Quran, syahril Al Quran, khath Al Quran, dan M2IQ (musabaqah makalah alimiyah Al Quran) atau lomba tulis karya ilmiah Al Quran. (adv/bp/*ara)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *