Sumpah Pemuda Penajam Kibarkan Merah-Putih “Raksasa” Tertinggi

Ari. B

Persiapan Pengibaran Bendera 1000 meter persegi.

Penajam, helloborneo.com – Pengibaran bendera Merah Putih berukuran “raksasa” menandai peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-89 di Kalimantan Timur yang dipusatkan di Pantai Corong, Kelurahan Tanjung Tengah, Kabupaten Penajam Paser Utara, Sabtu.

Bendera berukuran 1.000 meter persegi yang dikibarkan pada menara setinggi 110 meter itu sekaligus memecahkan rekor pengibaran bendera tertinggi di dunia.

“Rencananya kalau cuaca mendukung, bendera Merah Putih raksasa itu akan dikibarkan selama 30 hari,” kata Ketua Kwartir Cabang Pramuka Kabupaten Penajam Paser Utara Sudirman yang menjadi penggagas pengibaran bendera itu.

Ia menjelaskan, pembuatan menara setinggi 110 meter untuk mengibarkan Merah Putih tersbut tidak mudah, terutama untuk mengumpulkan bahan baku yang cukup sulit dan langka, serta tenaga yang sangat terbatas.

“Saat pengerjaan mencapai ketinggian 80 meter, menara itu sempat miring karena secara tiba-tiba diterjang angin puting beliung,” lanjut Sudirman yang juga Wakil Ketua DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara.

Pembangunan menara yang dimulai 10 Oktober dan berhasil berdiri tegak pada 28 Oktober 2017 pukul 00.00 Wita itu menggunakan 3.000 batang bambu, 300 batang kayu nibung dan batang pohon kelapa untuk pasak ke dalam tanah sebanyak 100 batang.

Pengibaran bendera Merah Putih “raksasa” itu dilakukan setelah pelaksanaan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda 2017 yang dipimpin Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak.

Prosesi diawali dengan pengangkatan bendera Merah Putih pertama berukuran 10×20 meter dari dasar laut oleh para penyelam, kemudian dibawa ke darat diiringi kapal.

Selanjutnya bendera kedua berukuran 1.000 meter persegi dikibarkan di menara setinggi 110 meter oleh para anggota Pramuka dan personel TNI/Polri.

Wakil Bupati Penajam Paser Utara Mustaqim MZ memberikan apresiasi kepada seluruh keluarga besar Kwartir Cabang Pramuka setempat yang telah berhasil meraih penghargaan dunia dari Record Holder Republic yang berkantor pusat di London tersebut.

Penghargaan rekor dunia diserahkan oleh Adjudicator RHR Lia Mustisari kepada Ketua Kwartir Cabang Pramuka Kabupaten Penajam Paser Utara Sudirman.

Selain gubernur, pengibaran Merah Putih raksasa itu juga disaksikan Kasdam VI Mulawarman Kalimantan Brigjen TNI Muhammad Nur Rahmad, Ketua DPRD Penajam Paser Utara Nanang Ali, para pejabat, dan ribuan warga yang memadati lokasi upacara. (bp/hb)

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *