Penajam Tumbuhkan Minat Baca Anak Sejak Dini

Bagus Purwa

Dinas Perpustakaan dan Arsip PPU.

Penajam, helloborneo.com – Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, melakukan pengenalan buku-buku yang dimiliki perpustakaan daerah kepada pelajar untuk menumbuhkan minat baca anak sejak dini.

“Kami terus sosialisasikan keberadaan perpustakaan daerah serta buku bacaan yang ada kepada masyarakat, khususnya pelajar,” kata Kepala Bidang Pelayanan dan Pengembangan Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Penajam Paser Utara Indah Rumainiyah, ketika ditemui helloborneo.com di Penajam, Kamis.

Sosialisasi yang dilakukan tersebut menurut dia, agar masyarakat, khususnya pelajar mengunjungi perpustakaan daerah dan dengan mudah membaca berbagai buku bacaan yang ada di perpustakaan dearah.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara mengajak masyarakat, termasuk pelajar untuk menumbuhkan minat baca anak serta masyarakat sejak dini, sehingga menjadi gemar membaca.

Menumbuhkan minat baca tersebut, lanjut Indah Rumainiyah, juga mendukung pemerintah kabupaten untuk mencerdaskan masyarakat melalui kegiatan gemar membaca sesuai amanah Undang-Undang 1954.

“Minat baca anak harus ditumbuhkan sejak dini, karena jika ditanamkan gemar membaca sejak usia dini akan dapat meningkatkan pengetahuan anak karena buku sumber ilmu dan informasi,”ujarnya.

Indah Rumainiyah menyatakan, Dinas Perpustakaan dan Arsip adalah salah satu instansi yang ikut berperan aktif mencerdaskan generasi penerus, selain Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Penajam Paser Utara.

Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Penajam Paser Utara giat menyosialisasikan keberadaan perpustakaan daerah, termasuk memberikan layanan perpustakaan keliling ke desa dan kelurahan di empat kecamatan.

Sampai saat ini buku yang ada di Perpustakaan Kabupaten Penajam Paser Utara bantuan dari Perpustakaan Nasional berjumlah 5.523 eksemplar.

Buku-buku yang ada di Perpustakaan Kabupaten Penajam Paser Utara itu dipastikan mempunyai nilai dan berkualitas, karena pengarang buku rata-rata menyandang gelar profesor.

Selain itu, buku-buku bacaan yang disiapkan di Perpustakaan Kabupaten Penajam Paser Utara juga sangat bermanfaat bagi masyarakat karena banyak mengandung keilmuan yang dapat dikembangkan dan dipraktikkan masyarakat. (bp/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.