Dishub Balikpapan Tertibkan Kendaraan Parkir di Trotoar

Bagus Purwa

Kota Balikpapan di Malam Hari.

Balikpapan, helloborneo.comDinas Perhubungan Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, segera menertibkan mobil dan motor yang parkir di trotoar atau di tempat-tempat dilarang parkir.

“Mobilnya akan kami derek atau kami kunci, atau setidaknya bannya akan kami kempesi,” kata Kepala Dinas Perhubungan Balikpapan Sudirman Djajaleksana, ketika dihubungi helloborneo.com di Balikpapan, Kamis.

Sementara ini Dinas Perhubungan (Dishub) masih menunggu diterbitkannya peraturan daerah mengenai transportasi yang akan menjadi dasar hukum bagi tindakan penertiban tersebut.

“Pembahasannya sedang berlangsung di DPRD Balikpapan,” ujar Sudirman Djajaleksana.

Aturan itu dibuat untuk mengembalikan fungsi trotoar sebagai tempat berlalu-lalang bagi pejalan kaki dan melancarkan arus lalu lintas.

Di beberapa tempat di Balikpapan memang terlihat trotoar digunakan sebagai tempat parkir, juga sebagai tempat berusaha atau berjualan.

Trotoar di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman, mulai dari Klandasan sampai Staal Kuda, lalu di Jalan Achmad Jani, mulai dari pertigaan dengan Jalan Jenderal Sudirman di Klandasan sampai di Karang Anyar dibuat jadi tempat parkir dan melakukan kegiatan usaha di beberapa titik.

Sedangkan di Karang Anyar kerap mangkal para pedagang buah yang bahkan menaruh gerobaknya melintang di trotoar.

Padahal di situ ada sekolah, di mana anak-anak kita yang bersekolah di situ disadari atau tidak jadi menempuh bahaya karena jadi turun langsung ke jalan aspal yang ramai saat pergi ataupun pulang sekolah, sebab trotoarnya dipakai pedagang berjualan.

Masih di kawasan Karang Anyar itu juga, pengendara motor bahkan kerap naik ke trotoar untuk memintas jalan dan membahayakan para pejalan kaki yang ada, yang sebagiannya juga adalah para pelajar Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 di dekat situ.

“Hal-hal begitu yang segera kami tertibkan, juga bekerja sama dengan instansi terkait,” tegas Sudirman Djajaleksana. (bp/hb)

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.