Insentif Tiga Bulan PNS Penajam Dibayar Februari

Ari. B

Asisten III Setkab PPU, Alimuddin.

Penajam, helloborneo.com – Sekitar 3.500 pegawai negeri sipil di lingkungan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, dijadwalkan memperoleh pembayaran insentif selama tiga bulan pada Februari atau Maret 2018.

“Pemerintah kabupaten akan membayarkan insentif PNS langsung dirapel tiga bulan,” ujar Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekretariat Kabupaten Penajam Paser Utara Alimuddin, ketika ditemui helloborneo.com di Penajam, Jumat.

Ia mengatakan, kendati kondisi keuangan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara belum ada kejelasan, namun insentif pegawai bulan November-Desember 2017 yang belum dicairkan akan dibayarkan pada Februari atau Maret 2018.

Alimuddin menambahkan, insentif PNS selama dua bulan terakhir tahun 2017 yang belum bisa dibayarkan, karena adanya pemotongan dana lebih salur dari pemerintah pusat itu rencananya akan dibayarkan bersamaan dengan insentif Januari 2018.

Dengan demikian, para PNS dijanjikan menerima insentif selama tiga bulan sebagai ganti penundaan pembayaran tunjangan perbaikan penghasilan pada 2017.

Namun, lanjut Alimuddin, pembayaran insentif atau tunjangan perbaikan penghasilan menunggu dana transfer triwulan pertama 2018 dari pemerintah pusat.

“Tahap pertama transfer dana bagi hasil minyak dan gas bumi dari pemerintah pusat akan dilakukan pada Februari atau Maret 2018,” jelasnya.

Nilai transfer triwulan pertama 2018 dari pemerintah pusat untuk Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara itu diperkirakan mencapai lebih kurang Rp270 miliar.

Sementara untuk pembayaran insentif bagi 3.500 PNS menghabiskan anggaran sekitar Rp27 miliar.

Alimuddin menambahkan, Kementerian Keuangan telah menjanjikan pencairan dana bagi hasil minyak dan gas bumi dilakukan sesegera mungkin atau lebih awal dari biasanya.

“Transfer dana bagi hasil minyak dan gas bumi dilakukan lebih awal dari biasanya, karena Kementerian Keuangan melihat banyak daerah yang kondisi keuangannya mengalami defisit,” ucapnya. (bp/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.