Pasokan Listrik Sistem Mahakam-Barito Cukup untuk Penajam

Bagus Purwa

Penajam Paser Utara.

Penajam, helloborneo.com – Pasokan listrik dari sistem Mahakam Kalimantan Timur dan sistem Barito Kalimantan Selatan mampu mencukupi kebutuhan listrik di Kabupaten Penajam Paser Utara, kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup setempat, Wahyudi.

“PLN menyatakan pasokan listrik dari sistem Mahakam dan Barito telah mencukupi kebutuhan listrik di wilayah Penajam Paser Utara, jadi jika ada perusahaan yang akan menyediakan listrik di Penajam Paser Utara bisa kelebihan daya,” ungkap Wahyudi ketika ditemui helloborneo.com di Penajam, Senin.

Pasokan listrik dari sistem Mahakam dan Barito yang dioperasikan PLN telah mampu mencukupi kebutuhan listrik warga Kabupaten Penajam Paser Utara.

Wahyudi menyatakan hal tersebut seiring batalnya pembangunan pembangkit listrik biomassa menggunakan energi alternatif terbarukan ramah lingkungan berkapasitas 10 megawatt di Kawasan Industri Buluminung, Kabupaten Penajam Paser Utara.

Menurut ia, pembangunan pembangkit listrik biomassa tidak jadi dilanjutkan, karena PT Pembangkit Listrik Nusantara selaku investor tidak mendapat kesepakatan harga daya listrik dengan PT PLN.

“Alasan PLN kelebihan daya karena ada pasokan sistem Mahakam dan Barito untuk wilayah Penajam Paser Utara, jadi tidak terjalin kesepakatan,” ujarnya.

Dengan tidak mendapat kesepakatan terkait harga daya listrik tersebut, PT Pembangkit Listrik Nusantara tidak jadi melakukan investasi membangun pembangkit listik biomassa di Kabupaten Penajam Paser Utara.

“Sangat disayangkan pembangunan pembangkit listrik biomassa di Kawasan Industri Buluminung tersebut gagal dilaksanakan, padahal dapat menjadi cadangan listrik untuk wilayah Penajam Paser utara dan sekitarnya,” kata Wahyudi.

Selain itu, pengembangan listrik biomassa menggunakan energi alternatif terbarukan ramah lingkungan dengan bahan utama produksi listrik dari limbah kayu tersebut juga dapat menjadi percontohan di bidang kelistrikan di daerah lain.

PT ITCHI Hutani Manunggal selaku mitra kerja sama juga sangat mendukung pengembangan pembangkit listrik biomassa di Kawasan Industri Buluminung itu.

Wahyudi menambahkan, PT ITCHI Hutani Manunggal yang bergerak di bidang hutan tanaman industri di wilayah Penajam Paser Paser Utara secara konsisten siap memasok kebutuhan sumber energi untuk pembangkit. (bp/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.