RSU Pratama Penajam Segera Beroperasi

Ari. B

RSU Pratama Sepaku.

Penajam, helloborneo.com – Rumah Sakit Umum Pratama yang berlokasi di Desa Tengin Baru, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, akan segera beroperasi melayani pengobatan dan perawatan kesehatan masyarakat di daerah itu.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara Arnold Wayong, saat ditemui helloborneo.com di Penajam, Senin, mengatakan, pengoperasian rumah sakit umum itu ditargetkan sekitar Mei atau Juni 2018.

Pembangunan fisik RSU Pratama Sepaku tipe D yang dibangun di atas lahan seluas 3 hektare dengan menggunakan dana alokasi khusus sekitar Rp8,3 miliar itu dinyatakan telah rampung.

“RSU pratama itu akan dioperasionalkan pada pertengahan 2018 untuk melayani perawatan dan pengobatan masyarakat di Kecamatan Sepaku,” kata Arnold Wayong.

Pengoperasian awal RSU Pratama Sepaku menunggu pengadaan peralatan dan tenaga medis yang dijadwalkan akan dilakukan dalam waktu dekat.

Pada pengoperasian awal akan melayani pemeriksaan umum, gigi, radiologi, apotek, depo farmasi hingga layanan operasi.

Arnold Wayong menambahkan, RSU Pratama Sepaku juga dilengkapi belasan tempat tidur untuk melayani pasien rawat inap. Sementara untuk tenaga medis akan direkrut dari pegawai tidak tetap di lingkungan Pemerintah Kabupaten Paser Utara.

“Usulan anggaran yang diajukan Dinas Kesehatan pada APBD 2018 sekitar Rp600 juta telah disetujui pemerintah kabupaten,” ujarnya.

Anggaran tersebut rencananya untuk membayar gaji sembilan orang tenaga dokter berstatus pegawai tidak tetap, terdiri dari enam orang dokter umum dan tiga dokter gigi.

Selain itu, usulan DAK (dana alokasi khusus) Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara untuk membeli peralatan medis RSU Pratama Sepaku juga telah disetujui. (bp/hb)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *