Hujan Lebat disertai Angin Kencang Bayangi Wilayah Kaltim

Bagus Purwa

Kabupaten PPU.

Balikpapan, helloborneo.com – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika mengimbau warga sejumlah daerah di Kalimantan Timur mewaspadai kemungkinan datangnya hujan lebat disertai angin kencang dan petir yang sewaktu-waktu bisa terjadi hingga pekan depan.

“Kondisi itu sewaktu-waktu bisa terjadi di Kota Tanjung Redeb (Kabupaten Berau), Tanah Grogot (Paser), dan Sendawar (Kutai Barat), meskipun angin kencang sesaat,” kata Kepala Stasiun BMKG Balikpapan, Kaltim, Ibnu Sulistyo ketika dihubungi helloborneo.com di Balikpapan, Selasa.

Meskipun sebentar, lanjut ia, kecepatan angin bisa mencapai 40 kelometer per jam atau 22 knot. Kecepatan seperti itu mampu membuat pohon besar bergoyang-goyang, sekaligus bisa membuat daerah-daerah itu rawan bencana.

Tanjung Redeb adalah ibukota Kabupaten Berau, kabupaten Kalimantan Timur yang paling utara, sementara Tanah Grogot ibukota Kabupaten Paser, wilayah paling selatan Kalimantan Timur.

Sendawar adalah gabungan tiga kecamatan dari Kabupaten Kutai Barat, yaitu Barong Tongkok, Sekolaq Darat, dan Melak. Sendawar lebih kurang sekitar 460 kilometer arah barat laut dari Balikpapan.

Menurut prakiraan BMKG, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat bisa terjadi pada malam hari di Kota Balikpapan, termasuk Kabupaten Penajam Paser Utara.

Dengan kontur wilayah yang berbukit-bukit dan permukiman di lereng-lereng, warga diingatkan akan bahaya pohon tumbang dan tanah longsor.

Warga juga kami minta bergotong royong membersihkan saluran-saluran air, agar air lancar mengalir dan tidak bikin banjir. (bp/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.